PERKEMBANGAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN PRA SEKOLAH: FOKUS PADA INOVASI PENDIDIKAN TK
Abstract
Semenjak tahun 2003, pola pendidikan pra-sekolah di Indonesia telah berkembang dan berubah lebih cepat dari sebelumnya. Minat meningkatkan kualitas pendidikan pra-sekolah terbukti dalam pengenalan kebijakan baru dan implementasi inisiatif baru dalam dekade terakhir. Perkembangan kebijakan ini telah menghasilkan perubahan signifikan dalam berbagai aspek standar kualitas pendidikan pra-sekolah di Indonesia. Makalah ini menyajikan konteks pendidikan dan praktek pendidikan pra-sekolah di Indonesia dan menyoroti kreativitas sebagai kunci untuk mempromosikan taman kanak-kanak yang berkualitas. Dimulai dari kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sebagai landasan yuridis pendidikan anak usia, perkembangan kurikulum, standar tenaga pendidik, manajerial kelembagaan paud dan perkembangan metode pembelajaran. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khusunya pendidikan anak usia dini melalui jalur pendidikan formal. Kunci keberhasilan upaya ini adalah inovasi-inovasi yang terus dilakukan dan diupayakan oleh berbagai pihak dalam pendidikan. Inovasi-inovasi dalam berbagai komponen pendidikan terus dilakukan dan disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakatReferences
Asmani, Jamal Ma’mur. 2009 . Manajemen Strategis Pendidiksn Anak Usia Dini. Diva Press, Jogjakarta.
Baraja, Abu Bakar. 2006. Mendidik Anak Dengan Teladan. Studia Press, Jakarta.
Besterfield, Dale H. 2003. Total Quality Management. New Jersey, Prantice Hall.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Standard Perkembangan Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2002. Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Jakarta.
Jensen, Eric. 2008. Brain-Based Learning. Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Noorlaila, Iva, 2010. Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Santi, Danar, 2009. Pendidikan Anak Usia Dini (Antara Teori dan Praktek. Mancanaa Jaya Cemerlang, Jakarta.
Syaefudin, Udin. 2009. Inovasi Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
UU No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.
PP No.19 Tahun 2005 tentang Standard Pendidikan Nasional.
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/KKN%20PERMEN%2058.pdf,
http://amaliafirdausia.wordpress.com/2009/12/31/pendidikan-anak-usia-dini-bagi-usia-pra-sekolah/,
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Jurnal Educhild di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0.
- Penulis setuju artikelnya dipublikasikan pada jurnal EduChild dan dipublikasi secara terbuka untuk umum
- penulis memiliki hak cipta secara penuh