PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah untuk mengungkap data tentang kondisi awal, pelaksanaan, evaluasi hasil dan tindak lanjut Pembelajaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Audio Visual di Paud As-Sidiq di Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan. Landasan teori dalam penelitian ini, peneliti merujuk kepada beberapa konsep yaitu: konsep Pendidikan Anak Usia Dini, konsep pembelajaran, karakter dan konsep media audio visual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa perencanaan pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini dengan menggunakan audio visual mengacu pada rencana kegiatan harian, pelaksanaan penggunaan media audio visual dilakukan melalui tontonan film guna mengembangkan karakter anak usia dini. Media audio visual adalah salah satu alternatife untuk mengembangkan karakter anak usia dini, hasil yang didapat bahwa karakter anak menigkat pada aspek tanggungjawab, mandiri dan displin, tindak lanjut yang dilakukan oleh guru adalah pemberian tugas terhadap anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Proses belajar dan pembelajaran yang dilakukan oleh Kober As-Shidiq kepada para guru yaitu dengan menerapkan media pembeljaran audio visual melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan kegiatan belajar melalui tontonan film dan hasilnya bahwa karakter anak meningkat pada aspek kemandirian, tanggung jawab dan disiplin.
Kata Kunci: karakter, audio visual, anak usia dini,
References
Amal, B. K. Pendidikan Anak di Usia Dini. [Online]. Tersedia: http://www.waspada.co.id/serba_serbi/pendidikan/artikel.php?article_id=67766. .
Djamariah, S. B dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Dirjen PAUDNI. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter pada PAUD: Kemendiknas
Fadillah dan Lilif Mualifatu Khordi, (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hartati, Sofia. (2007). How To Be a Good Teacher Abd To Be A Good Mother. Jakarta: Enno Media.
Ihsan. (2010). Fungsi, Tujuan, dan Jenis PAUD [Online].Tersedia: (http://tunas63.wordpress.com/2010/06/15/fungsi-tujuan-dan-jenis-paud/
Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Megawangi. (2007). Pendidikan Karakter: Solusi Tepat Untuk Membangun Bangsa. Bandung: Republika
Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Munandar, U. SC. (2004). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk Bagi Para Guru dan Orangtua. Jakarta: PT. Grasindo
Rusbiantoro. (2008). Generasi MTV. Yogyakarta: Jalasutra.
Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Uisa Dini. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, S. L. N. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
(http://marumawir.blogspot.com/2013/04/strategi-pembelajaran-paud.html)’
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
- Jurnal Educhild di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0.
- Penulis setuju artikelnya dipublikasikan pada jurnal EduChild dan dipublikasi secara terbuka untuk umum
- penulis memiliki hak cipta secara penuh