PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL

Authors

  • Ela Tunggal Witiastuti Kober As Shidiq
  • Revita Yanuarsari Universitas Islam Nusantara
  • Fadila Rahma Ghoer Universitas Islam Nusantara

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini adalah untuk mengungkap data tentang kondisi awal, pelaksanaan, evaluasi hasil dan tindak lanjut Pembelajaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Audio Visual di Paud As-Sidiq di Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan. Landasan teori dalam penelitian ini, peneliti merujuk kepada beberapa konsep yaitu: konsep Pendidikan Anak Usia Dini, konsep pembelajaran, karakter dan konsep media audio visual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa perencanaan pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini dengan menggunakan audio visual mengacu pada rencana kegiatan harian, pelaksanaan penggunaan media audio visual dilakukan melalui tontonan film guna mengembangkan karakter anak usia dini. Media audio visual adalah salah satu alternatife untuk mengembangkan karakter anak usia dini, hasil yang didapat bahwa karakter anak menigkat pada aspek tanggungjawab, mandiri dan displin, tindak lanjut yang dilakukan oleh guru adalah pemberian tugas terhadap anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Proses belajar dan pembelajaran yang dilakukan oleh Kober As-Shidiq kepada para guru yaitu dengan menerapkan media pembeljaran audio visual melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan kegiatan belajar melalui tontonan film dan hasilnya bahwa karakter anak meningkat pada aspek kemandirian, tanggung jawab dan disiplin.

 Kata Kunci: karakter, audio visual, anak usia dini, 

 

 

Author Biographies

Ela Tunggal Witiastuti, Kober As Shidiq

Guru di Kober As Shidiq

Revita Yanuarsari, Universitas Islam Nusantara

dosen Universitas Islam Nusantara

Fadila Rahma Ghoer, Universitas Islam Nusantara

Dosen Universitas Islam Nusantara

References

Amal, B. K. Pendidikan Anak di Usia Dini. [Online]. Tersedia: http://www.waspada.co.id/serba_serbi/pendidikan/artikel.php?article_id=67766. .

Djamariah, S. B dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dirjen PAUDNI. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter pada PAUD: Kemendiknas

Fadillah dan Lilif Mualifatu Khordi, (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartati, Sofia. (2007). How To Be a Good Teacher Abd To Be A Good Mother. Jakarta: Enno Media.

Ihsan. (2010). Fungsi, Tujuan, dan Jenis PAUD [Online].Tersedia: (http://tunas63.wordpress.com/2010/06/15/fungsi-tujuan-dan-jenis-paud/

Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Megawangi. (2007). Pendidikan Karakter: Solusi Tepat Untuk Membangun Bangsa. Bandung: Republika

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Munandar, U. SC. (2004). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk Bagi Para Guru dan Orangtua. Jakarta: PT. Grasindo

Rusbiantoro. (2008). Generasi MTV. Yogyakarta: Jalasutra.

Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Uisa Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, S. L. N. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

(http://marumawir.blogspot.com/2013/04/strategi-pembelajaran-paud.html)’

Downloads

Published

2022-08-26