SHARED READING: SOLUSI PERILAKU PROSOSIAL PADA KELOMPOK ANAK USIA MIXED-AGE GROUPS

Authors

  • Alifah Indalika Mulyadi Razak Universitas Islam Nusantara
  • Agus Ruswandi

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antar teman sebaya memberikan pengaruh yang signifikan pada perilaku prososial anak.  Interaksi antar teman sebaya tersebut memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dan mengenal berbagai bentuk perilaku prososial. Interaksi antar satu anak dengan lainnya ditandai dengan adanya komunikasi dua arah, yang pada umumnya anak-anak mengemas komunikasi tersebut dalam bentuk cerita. Salah satu metode bercerita yang dianggap paling efektif untuk merubah perilaku anak adalah metode shared reading.  Secara teknis  shared reading melibatkan komunikasi aktif antara pembaca cerita dengan pendenger. Intervensi selama 10 hari yang dilakukan pada kelompok anak dengan usia beragam (mixed-aged group),  menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada awal sebelum penelitian perilaku prososial anak berada pada total presentase 42.8 % dan setelah diberikan intervensi meningkat sebesar 80,8%. Berdasarkan presentase tersebut, perilaku prososial mengalam peningkatan skor sebesar 38%

Author Biographies

Alifah Indalika Mulyadi Razak, Universitas Islam Nusantara

Dosen Prodi PG PAUD FKIP Uninus Bandung

Agus Ruswandi

Dosen Tetap FKIP Uninus Bandung

References

Baron, R.A., & Byrne, D. 1997. Social Psychology. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Berk, L. E. (2008). Exploring Lifespan Development. Boston: Pearson Education, Inc.

Dodge, D.T., Colker, L.J., Heroman, C. (2009). The Creative Curriculum for Preschool.

Washington DC: Teaching Strategies, Inc

Dunfield, K., Kuhlmeier, V. A., O’Connell, L., Kelley, E. (2011). Examining the diversity of prosocial behavior: Helping, sharing, and comforting in infancy. Journal of International Society on Infant Studies (ISIS), 16(3), 227–247. doi: 10.1111/j.1532-7078.2010.00041.x

Eisenberg, N., & Mussen, P.H. 1989. The Roots of Prosocial Behavior in Children in Social and Emotional Development. Edinburgh: Cambridge University Press.

Gat, I. (2000). Incarcerated mothers: effects of the mother/offspring life development program (MOLD) on recividism, pro social moral development, empathy, hope, and parent-child attachment. Dissertation abstract international, (UMI No. 9976990)

Hollimon, D.N. (2008). The Effect of Shared reading on Sixth Grade Students’ Motivation to Read and Reading Comprehension. Dissertation abstract international, (UMI No. 3438008).

Kumar, R. (2011). Research methodology: a step-by-step guide for beginners. London: SAGE Publication Ltd

Morrison, G. S. (2012). Early childhood educatuion today (12th ed.). New Jersey: pearson education inc, 315

Taylor, S.E., Peplau, L.A., Sears, D.O. 2012. Psikologi Sosial. Edisi Kedua Belas (Terjemahan). Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2019-08-07

Issue

Section

Articles