SHARED READING: SOLUSI PERILAKU PROSOSIAL PADA KELOMPOK ANAK USIA MIXED-AGE GROUPS
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antar teman sebaya memberikan pengaruh yang signifikan pada perilaku prososial anak. Interaksi antar teman sebaya tersebut memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dan mengenal berbagai bentuk perilaku prososial. Interaksi antar satu anak dengan lainnya ditandai dengan adanya komunikasi dua arah, yang pada umumnya anak-anak mengemas komunikasi tersebut dalam bentuk cerita. Salah satu metode bercerita yang dianggap paling efektif untuk merubah perilaku anak adalah metode shared reading. Secara teknis shared reading melibatkan komunikasi aktif antara pembaca cerita dengan pendenger. Intervensi selama 10 hari yang dilakukan pada kelompok anak dengan usia beragam (mixed-aged group), menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada awal sebelum penelitian perilaku prososial anak berada pada total presentase 42.8 % dan setelah diberikan intervensi meningkat sebesar 80,8%. Berdasarkan presentase tersebut, perilaku prososial mengalam peningkatan skor sebesar 38%References
Baron, R.A., & Byrne, D. 1997. Social Psychology. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Berk, L. E. (2008). Exploring Lifespan Development. Boston: Pearson Education, Inc.
Dodge, D.T., Colker, L.J., Heroman, C. (2009). The Creative Curriculum for Preschool.
Washington DC: Teaching Strategies, Inc
Dunfield, K., Kuhlmeier, V. A., O’Connell, L., Kelley, E. (2011). Examining the diversity of prosocial behavior: Helping, sharing, and comforting in infancy. Journal of International Society on Infant Studies (ISIS), 16(3), 227–247. doi: 10.1111/j.1532-7078.2010.00041.x
Eisenberg, N., & Mussen, P.H. 1989. The Roots of Prosocial Behavior in Children in Social and Emotional Development. Edinburgh: Cambridge University Press.
Gat, I. (2000). Incarcerated mothers: effects of the mother/offspring life development program (MOLD) on recividism, pro social moral development, empathy, hope, and parent-child attachment. Dissertation abstract international, (UMI No. 9976990)
Hollimon, D.N. (2008). The Effect of Shared reading on Sixth Grade Students’ Motivation to Read and Reading Comprehension. Dissertation abstract international, (UMI No. 3438008).
Kumar, R. (2011). Research methodology: a step-by-step guide for beginners. London: SAGE Publication Ltd
Morrison, G. S. (2012). Early childhood educatuion today (12th ed.). New Jersey: pearson education inc, 315
Taylor, S.E., Peplau, L.A., Sears, D.O. 2012. Psikologi Sosial. Edisi Kedua Belas (Terjemahan). Jakarta: Kencana
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Jurnal Educhild di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0.
- Penulis setuju artikelnya dipublikasikan pada jurnal EduChild dan dipublikasi secara terbuka untuk umum
- penulis memiliki hak cipta secara penuh