PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SAINS ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan dan keterampilan sains anak usia dini (4-5 tahun). Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sains anak usia dini, guru perlu melakukan suatu inovasi, yaitu dengan melaksanakan suatu pendekatan yang bisa mengembangkan berbagai aspek pengetahuan dan keterampilan sains anak yang berpedoman pada hakikat sains sebagai proses, produk dan sikap. Salah satu pendekatan yang dapat dilaksanakan adalah pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi proses pembelajaran dan unjuk kerja. Setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada percobaan sains melalui tiga siklus, diperoleh peningkatan pengetahuan dan keterampilan sains anak yaitu pada siklus I meningkat sebesar 43,81% menjadi 53,33%, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 24,29% menjadi 68,10%, dan dari siklus II ke siklus III meningkat sebesar 20% menjadi 88,10%.
References
Aqib, dkk., 2008, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Moleong., 2008, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugraha., 2005, Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Nugraha dan Dwiyana., 2008, Dasar-Dasar Matematika Dan Sains. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini., 2015, Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.
Solehuddin., 2000, Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: UPI.
Sutrisno dan Hari., 2005, Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Suyanto., 2005, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Sujiono, dkk., 2007, Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yus. 2005, Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Jurnal Educhild di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0.
- Penulis setuju artikelnya dipublikasikan pada jurnal EduChild dan dipublikasi secara terbuka untuk umum
- penulis memiliki hak cipta secara penuh