KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA YAHOO SEARCH ENGINE DI KOTA BANDUNG
Abstract
This study aims to analyze the factors that influence student satisfaction using Yahoo Search Engines at State Universities in Bandung. The influencing factors include innovation, promotion, and electronic service quality. The sample collection method uses a simple random sampling technique. The sample in this study was 100 respondents through online and offline questionnaires with 22 statement items. The analytical method used was multiple linear regression analysis. The results showed that the innovation variable had a positive and significant effect on satisfaction. The promotion variable had a positive and significant effect on consumer satisfaction. The electronic service quality variable has a positive and significant effect on consumer satisfaction. While the variables of innovation, promotion and electronic service quality simultaneously have a positive and significant effect on consumer satisfactionReferences
Adriani Vesilia dan Realize, 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT.Stainlessindo Anugrah Karya Di Kota Batam. Jurnal Pundi, Vol.02, No. 02, Juli 2018.
Ahmad Irwansyah dan Riko Mappadeceng. Pengaruh E-service Quality Terhadap Customer Loyalty melalui Customer Satisfaction pada Toko Online Bukalapak. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains). Vol 3.No2 Oktober 2018:29.
Ali Muhsin dan Dinda Amanda Z, 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual) 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Bukalapak di Kota Bandung. E-proceeding of management: Vol.3 Desember 2017:2427. ISSN: 2355-9357.
Gerintya, Scholastica (2018). Bagaimana teknologi memengaruhi masa depan generasiz. http://tirto.id/bagaimana-teknologi- memengaruhi-masa-depan-generasi-z. Diakses pada 1 Juli 2019.
Imam, Ghozali. 2018. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang Universitas Diponegoro
Imam, Ghozali, 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23.Edisi 8. Universitas Dipenogoro.Semarang
Koko Arie W, Dkk, 2013. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusa Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Notebook Merek Acer (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Diponogoro). Jurnal Gaussian. Vol.2. No.1, Tahun 2013.
Kotler, Philip dan Gery Amstrong, 2018, Principles of Marketing, 17 Edition, Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Olivia Dika Puspa Utama, 2017. Pola Penggunaan Internet Oleh Remaja Perempuan di Surabaya Untuk Memperoleh Kecantikan.
Putu Sukaremen dkk, 2013. Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variable Intervening Pada Produk Gula Pasir Sebelas (Gupalas) Pabrik Gula Semboro Ptp Nusantara X1( Persero). Jurnal Indonesia .JEAM Vol XII No. 1/2013.
Santoso. (2011). Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Bakpao Telo dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Teknologi Pertanian. Vol. 12, No. 1.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D). Cetakan kesatu. Bandung. Alfabeta.
Sunyoto, Danang, 2015. Perilaku konsumen Dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS
Widodo, 2018. Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. PT. Raja Grafindo Persada, Depok. Jakarta.
Yustisi Suci W, dkk, 2018. Pengaruh E- servqual Terhadap Preceived Value Dan E- Customer Satisfaction. (Survei pada Pelanggan Go-Ride yang Menggunakan Mobile Application Go- Jek di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) |Vol.61 No.1-4 Agustus 2018.