PENGARUH DESAIN VISUAL WEBSTORE DAN NILAI EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE BUSANA MUSLIMAH PADA GEN Z
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Desain Visual Webstore serta Nilai Emosional terhadap Keputusan pembelian Online Busana Muslimah pada Gen Z mahasiswi FEBI IAI Darussalam Ciamis. Sejauh ini, penelitian terkait fitur web sudah banyak dilakukan akan tetapi, meneliti efektifitas dari desain web itu sendiri dan hubungannya dengan nilai emosional seseorang jarang dilakukan. Sehingga, penelitian dilakukan guna mengetahui seberapa besar variabel desain visual webstore dan nilai emosional secara parsial secara bersamaan mempengaruhi keputusan pembelian online busana muslimah pada gen Z. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif memakai metode statistik inferensial dengan membagikan kuesioner kepada 61 responden berdasarkan penentuan stratified random sampling dari total populasi 151 dari mahasiswi FEBI IAI Darussalam dari angkatan 2018 sampai dengan 2021 serta yang termasuk pada gen Z yang lahir pada tahun 1995 sampai dengan 2015. Penelitian ini menunjukan bahwa keputusan pembelian online busana muslimah pada Gen Z secara parsial tidak dipengaruhi oleh variabel desain visual webstore dan nilai emosional. Sedangkan secara simultan variabel desain visual webstore dan nilai emosional berpengaruh terhadap keputusan pembelian online busana muslimah pada Gen Z pada mahasiswi FEBI IAI Darussalam Ciamis. Semakin tinggi profesionalisme, kejujuran, transparansi dan dapat dipercaya sebuah webstore yang dirancang untuk menjual sebuah produk, maka semakin besar kemungkinan konsumen untuk membeli serta mendatangkan nilai emosional positif sebagai bentuk apresiasi terhadap kepuasan dan kenyamanan penggunaan webstore sehingga meningkatkan keputusan pembelian produk.