MANAJAMEN PENGETAHUAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA TENAGA PERPUSTAKAAN

Authors

  • Yunus Winoto Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Dedi Irawan Universitas Padjadjaran
  • Asep Saeful Rohman Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i2.1036

Keywords:

manajemen pengetahuan, staf perpustakaan, kinerja

Abstract

This study aims to determine the effect of knowledge management which includes aspects of knowledge creation, knowledge sharing, and knowledge utilization on the performance of library staff either partially or simultaneously. The method used in this research uses a quantitative approach with this type of explanatory survey research. As for the so-called type of survey explanatory research is research that does not only describe or describe a phenomenon but also aims to provide an explanation of the phenomenon. Meanwhile, the population in this determination were employees of the Binus LKC Jakarta library. With the sampling technique using a simple random sample. Regarding the theory used in this study is the knowledge-based view theory from Grant, while for measuring knowledge management using the concept of knowledge management from Shujahat and performance measurement using the concept of performance from Mangkunegara. The data collection technique was carried out using a questionnaire distributed to Binus LKC employees, interviews with library managers, observations about library management activities at Binus LKC and through library studies. Based on the research results, it shows that knowledge management has a significant effect on the performance of librarians by 68%. Meanwhile, partially, the aspects of knowledge creation and aspects of knowledge sharing have a significant influence on the performance of library staff. However, the knowledge utilization aspect partially does not have a significant effect on the performance of library staff.

Keyword: knowledge management; library staff; performance

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh knowledge management yang meliputi aspek knowledge creation, knowledge sharing, dan knowledge utilization terhadap kinerja tenaga perpustakaan baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori survey. Adapun yang disebut dengan jenis penelitian eksplanatori survey adalah penelitian yang tidak hanya sekedar menggambarkan atau mendeskripsikan suatu fenomena namun juga bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang fenomena tersebut. Sedangkan yang menjadi populasi dalam penetian ini adalah para karyawan perpustakan Binus LKC Jakarta. Dengan Teknik pengambilan sampelnya menggunakan jenis sampel acak sederhana. Mengenai teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori knowledge based-view dari Grant sedangkan untuk pengukuran knowledge management menggunakan konsep knowledge management dari Shujahat dan serta pengukuran kinerja menggunakan konsep kinerja dari Mangkunegara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disebarkan pada para karyawan Binus LKC, wawancara dengan pengelola perpustakaan, observasi mengenai kegiatan penyelenggaraan perpustakaan di Binus LKC serta melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan memiliki pengaruh yang signifikan pada kinerja tenaga perpustakaan sebesar 68%. Sedangkan secara parsial aspek knowledge creation dan aspek knowledge sharing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja tenaga perpustakaan. Namun untuk aspek knowledge utilization secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga perpustakaan.

Author Biography

Yunus Winoto, Universitas Padjadjaran

Manajemen Komunikasi dan Informasi

References

Alavi, M And Leidner (2001) Knowledge manajemen and knowledge manajemen sistem : Conceps foundation and research issue. MS Quarterly (25) 107 -136, access on https ://dx.doi.019/10.2307/3250961.

Anggapraja, Indra Taruna. (2016). “Pengaruh penerapan knowledge management dan pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja karyawan PT Telkom Tbk.”. Jurnal Aplikasi Manajemen 14(1):140–46. Diakses pada https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.1.15.

Armstrong, Michael. (2006). Performance management: Key strategies and pratica guidelines. London: Kogan Page Limited.

Aryanti, Asti Nur. (2017), Pengaruh penerapan knowledge management terhadap kinerja sumber daya manusia dengan kompetensi sebagai variabel intervening: Studi survey pada industri kreatif di Bandung. Universitas Padjadjaran.

Aziz, Afrizal. (2006). Pustakawan sebagai tenaga profesional di bidang perpustakaan, informasi dan dokumentasi. Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca. (1): 22.

Barney, Jay. (1991). Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of Management. 17(1): 99–120.

Basuki, Sulistyo. (1991). Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dalkir, Kimiz. (2005). Knowledge. Oxford: Elsevier.

Davenport, Thomas and Prusak Lawrence. (2008). Working knowledge : How Organization Manage What The Know. access from http ://www.acm.org/ubiquity/book/t.davenport_html.

Desouza, Kevin C., and Scott Paquette. (2011). Knowledge management: An Introduction. New York: Neal-Schuman Publisher.

Ferissa, Annisa. (2016). Penerapan knowledge management, budaya organisasi dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan bank mandiri wilayah jawa barat. Universitas Padjadjaran.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grant, Robert M. (1996). Toward a knowledge-based theory of the firm. Strategic Management Journal 17 (Winter Special Issue).

Grant, Robert M. (2014). Knowledge based view. In Wiley Encyclopedia of Management. John Wiley & Sons. Aditama.

Kemendikbud. (2016). Kamus besar bahasa indonesia daring. Jakarta: Kemendikbud.

Kianto, Aino, Muhammad Shujahat, Saddam Hussain, Faisal Nawaz, and Murad Ali. (2018). The impact of knowledge management on knowledge worker productivity management. Baltic Journal of Management. access on https://doi.org/10.1108/BJM-12-2017-0404.

Krogh, Georg von, Kazuo Ichijo, and Ikujiro Nonaka. (2000). Enabling knowledge creation: How to unlock the mystery of tacit knowledge and release the power of innovation. Oxford: Oxford University Press.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2010). Evaluasi kinerja sumber daya manusia. Bandung: Refika Aditama.

Munir, Ningky Sasanti. (2010). Penerapan manajemen pengetahauan di perusahaan di indonesia. Jakarta: LIPI.

Nawawi, Ismail. (2012). Manajemen pengetahuan: Teori dan praktik dalam mewujudkan daya saing organisasi bisnis dan publik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nazim, Mohammad, and Bhaskar Mukherjee. (2016). Knowledge management in libraries: Concepts, Tools and Approaches. Cambridge: Chandos.

Nonaka, Ikujiro, Ryoko Toyama, and Toru Hirata. (2008). Managing flow: A process theory of the knowledge-based firm. New York: Palgrave Macmillan.

Penrose, Edith. (1959). The theory of the growth of the firm. Oxford: Oxford University Press.

Prasetiawan, Imam Budi. (2020). Prapenelitian knowledge management dan kinerja tenaga perpustakaan.

Prijana, Yunus Winoto, and Andri Yanto. (2016). Metode penelitian kuantitatif ilmu perpustakaan dan informasi. Bandung: Unpad Press.

Priyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Qalyubi, Sihabuddin. (2007). Dasar-dasar ilmu perpustakaan dan informasi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Raharso, Sri, and Sri Surjani Tjahjawati. (2016). Organisasi berbasis pengetahuan melalui knowledge sharing. Bandung: Alfabeta.

Santoso, Singgih. (2001). Buku latihan spss statistik parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Shujahat, Muhammad, Maria José, Saddam Hussain, Faisal Nawaz, Minhong Wang, and Muhammad Umer. (2017). Translating the impact of knowledge management processes into knowledge-based innovation : The neglected and mediating role of knowledge-worker productivity. Journal of Business Research, no. October: 0–1. https://doi.org/10.1016/j.jbusres. 2017.11.001.

Sobirin, Achmad. (2014). Konsep dasar kinerja dan manajemen kinerja. In Manajemen Kinerja. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soleh, Rifai Rajana. (2019). Knowledge management di Indonesia Port Corporation (IPC) Corporate University. Universitas Padjadjaran.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

———. (2011). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

———. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyanto. (2014). Glosarium istilah perpustakaan. Pare: FAM Publishing.

Sutarno, NS. (2003). Perpustakaan dan masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Tiwana, Amrit. (2000). The knowledge management toolkit: Practical techniques for building a knowledge management system. Prentice Hall: Upper Saddle River.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Depok: Raja Grafindo.

Yusuf, Pawit M. (2012). Perspektif manajemen pengetahuan, informasi, komunikasi, pendidikan dan perpustakaan. Jakarta: Rajawali Press.

Zack, Michael H. (1991). Developing a knowledge strategy. California Management Review. 41 (3).

Zargar, Ehsan, and Masoomeh Rezaee. (2013). The study of knowledge management effect on performance rate of employees. European Online Journal of Natural and Social Sciences. 2 (3): 3061–66.

Published

2020-12-30

How to Cite

Winoto, Y., Irawan, D., & Rohman, A. S. (2020). MANAJAMEN PENGETAHUAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA TENAGA PERPUSTAKAAN. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 3(2), 221–236. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i2.1036

Citation Check