INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN MELALUI TAMAN BACAAN MASYARAKAT JATMIKA JAWA BARAT MENGHADAPI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i2.1047Keywords:
layanan perpustakaan, inovasi di masa Covid-19, taman bacaan masyarakat, jatmikaAbstract
The existence of the covid-19 pandemic in early 2020 hampered all normal human activities, including library activities as one of the actively visited sources of knowledge and information backwards. The temporary suspension of library services is conventionally implemented to anticipate the spread of the covid-19 virus. This researchs aim to determine the role of TBM Jatmika based on six basic literacy according to the world economic forum and the national literacy movement as well as the relationship between basic services between libraries and TBM, where this linkage ultimately includes innovation and alternative library services through indirect synergy efforts. The method used in this research is descriptive qualitative research and approach by presenting a factual description of the research field. The subject of this research is the general public, especially those around TBM Jatmika. Meanwhile, the object is TBM Jatmika itself. In collecting data, the technique used by researchers was by means of online interviews via the WhatsApp application with Umi Aam as the manager of Jatmika's TBM; conduct literature searches of sources related to the study material; as well as browsing the web and social media owned by TBM Jatmika. The results of this research are TBM Jatmika trying to perfect six basic literacy in his contribution to educating children and the community, especially in the surrounding areas through his programs and routine activities; the variety of collections owned can be accessed by a certain number of visitors considering the existence of covid-19, coupled with the presence of staff and volunteers as assistant managers and mentors with adequate facilities; there are processes that link the continuity of implementation, coordination, activities and relationships with other communities in fulfilling the needs and goals of establishing the Jatmika TBM; provide basic services in the form of lending and borrowing books, reading books on the spot, educational services, and membership services. The conclusion that can be drawn from this research is that the presence of TBM Jatmika has participated in the innovation of library services in the aspect of external relations in the way that has been previously stated in the research results, but once in the face of a pandemic like this, it is still necessary to create new programs which relevant and effective in order to maximize its service and function as a new adaptive and innovative community reading park in the mission of educating the nation's life.
Keywords: library sevices, innovation in pandemic, reading park, jatmika
ABSTRAK
Keberadaan pandemi covid-19 pada awal tahun 2020 menghambat segala aktivitas normal yang dilakukan manusia, termasuk kegiatan perpustakaan sebagai salah satu sumber ilmu dan informasi yang sebelumnya aktif dikunjungi. Pemberhentian sementara layanan perpustakaan secara konvensional diterapkan guna mengantisipasi penyebaran virus covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran TBM Jatmika berdasarkan enam literasi dasar menurut forum ekonomi dunia dan gerakan literasi nasional serta adanya keterkaitan layanan dasar antar perpustakaan dan TBM dimana keterkaitan tersebut pada akhirnya termasuk kedalam inovasi serta alternatif pelayanan perpustakaan melalui upaya sinergi secara tidak langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pendekatan deskriptif kualitatif dengan memaparkan gambaran terhadap lapangan penelitian secara faktual. Subjek dari penelitian ini adalah masyarakat pada umumnya terutama yang berada di sekitar TBM Jatmika. Sedangkan objeknya adalah TBM Jatmika itu sendiri. Dalam mengumpulkan data, teknik yang digunakan peneliti ialah dengan cara wawancara online via aplikasi whatsapp bersama Umi Aam sebagai pengelola TBM Jatmika; melakukan penelusuran literatur terhadap sumber-sumber yang berhubungan dengan bahan kajian; serta menelusuri web dan media sosial milik TBM Jatmika. Hasil dari penelitian ini ialah TBM Jatmika berusaha menyempurnakan enam literasi dasar dalam kontribusinya mengedukasi anak dan masyarakat khususnya didaerah sekitar melalui program dan kegiatan rutin yang dimilikinya; ragam koleksi yang dimiliki dapat diakses oleh pengunjung dalam jumlah batas tertentu mengingat adanya covid-19, ditambah dengan adanya staf maupun relawan sebagai asisten pengelola dan mentor dengan fasilitas yang cukup memadai; adanya proses-proses yang mengaitkan keberlangsungan penyelenggaraan, koordinasi, kegiatan, dan hubungan dengan komunitas lain dalam memenuhi kebutuhan dan tujuan didirikannya TBM Jatmika; memberikan layanan-layanan dasar berupa pinjam meminjam buku, membaca buku ditempat, layanan edukasi, dan layanan keanggotaan. Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini ialah hadirnya TBM Jatmika telah berpartisipasi dalam inovasi pelayanan perpustakaan pada aspek hubungan eksternal dengan cara yang telah disampaikan sebelumnya di hasil penelitian, namun begitu dalam menghadapi masa pandemi seperti saat ini, masih perlu di ciptakan program-program baru yang relevan dan efektif guna memaksimalkan layanan serta fungsinya sebagai taman bacaan masyarakat rintisan baru yang adaptif dan inovatif dalam misi mencerdaskan kehidupan bangsa.
References
Crato, N. (2018). Improving a Country ’ s Education. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-59031-4
Fadila, A. (2020). Taman baca tanah ombak dalam meningkatkan literasi baca anak di pantai purus. Nusantara Journal of Information and Library, 3(1), 55–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30999/n-jils.v3i1.806
Fatmawati, E. (2014). Memaknai sinergitas dengan perpustakaan untuk memakmurkan TBM. In mr. perpustakaan fakultas Ekonomi (Ed.), Diskursus Literasi Informasi (pp. 29–40). https://doi.org/http://eprints.undip.ac.id/view/subjects/Z665.html
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Himayah. (2013). Layanan dan pelayanan perpustakaan : memnjawab tantangan era teknologi informasi. Khazanah Al-Hikmah, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31227/osf.io/tzawc
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118
Kemdikbud. (2016a). Penumbuhan Budi Pekerti Di Sekolah. Retrieved December 17, 2020, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/06/penumbuhan-budi-pekerti-di-sekolah
Kemdikbud. (2016b). Peringkat dan capaian PISA indonesia mengalami peningkatan. Retrieved from Kemendikbud website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Munir, I., Tabaga, A., & Regar, philep morse. (2015). Implementasi undang-undang ri nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan di badan perpustakaan arsip dan dokumentasi provinsi sulawesi utara menurut persepsi pustakawan. E-Journal “Acta Diurna,” IV(5), 1–8. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/94000-ID-implementasi-undang-undang-ri-nomor-43-t.pdf
Putro, N. hadiyanto pancoro setyo, & Lee, J. (2017). Reading interest in a digital age. Reading Psychology, 38(8), 778–807. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/02702711.2017.1341966
Ramayanti, R., & Sa’diyah, L. (2017). Peranan Literasi Media Digital Dalam Mencegah Penyebaran Hoaks. Baitul ’Ulum : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1, 1–15. https://doi.org/http://baitululum.fah.uinjambi.ac.id/index.php/b_ulum/article/view/15
Rapih, S. (2016). Pendidikan literasi keuangan pada anak: mengapa dan bagaimana? Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 14–28. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.24246%2Fj.scholaria.2016.v6.i2.p14-28
Saepudin, E., Sukaesih, S., & Rusmana, A. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bagi Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.10821
Setiawan, chandra pratama, Baskoro, dhama gustiar, Wulandari, D., Jonatan, E., Putong, H., & Karina, Y. (2017). Modul Pelatihan Literasi Informasi (1st ed.; dhama gustian Baskoro, Ed.). Surabaya: Petra Press.
Shodiqin. (2019). Manajemen pelayanan taman bacaan masyarakat untuk meningkatkan literasi masyarakat muslim di komunitas harapan kauman semarang (UIN Walisongo; Vol. 8). Retrieved from http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9986
Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. Pedagogia, 16(2), 146. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327
SK Rektor UMA. (2020). Keputusan Rerktor Universitas Medan Area Nomor 561/UMA.11/VI/2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan, Pelayanan Akademik, dan Administrasi Di Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Universitas Medan Area Tahun Akademik 2019/2020. Retrieved from https://kepegawaian.uma.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/SK-Pelaksanaan-Pendidikan-Pelayanan-Akademik-dan-Administrasi-di-Masa-Pandemi-Covid-19.pdf
Sudarsono, B. (2014, April). Sinergi Perpustakaan dan Taman Bacaan Masyarakat Dalam Membudayakan Masyarakat Membaca. 2–4.
Yulyanti, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.31949%2Fjcp.v3i2.592
Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya Dan Kewargaan Siswa Sma Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24762
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Nusantara Journal of Information and Library Studies journal and afiliasi as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Nusantara Journal of Information and Library Studies and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Nusantara Journal of Information and Library Studies journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [copyright transfer form]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Rosiana Nurwa Indah (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS)
Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Jl. Soekarno Hatta No. 530 Bandung
Email: jils.uninus@gmail.com