PERAN KOMUNIKASI DAN PERILAKU PUSTAKAWAN TERHADAP PEMUSTAKA UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT

Authors

  • Nurjannah Saputri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Rusmiatiningsih Rusmiatiningsih UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v5i1.1217

Keywords:

Citra Pustakawan, Peningkatan Layanan, Komunikasi Pustakawan

Abstract

This article discusses the role of librarian communication and behavior towards users to increase engagement. In the library the attitude of the librarian's behavior greatly influences the development of the library, especially to the users. Good and positive behavior certainly gives a good impression to the user. Good communication and behavior to the user will provide an attachment between the user and the library. Friendly and good behavior will change the bad image of librarians who have often said that librarians have very low temperaments. The role and attitude of a professional librarian will have a good impact on the library so that it is more advanced and developed and also has an impact on the interest of users as users of information in the library. The research method used in this article uses a qualitative method by collecting research results using primary sources, namely through research results in library research. The results of this study indicate that a librarian is expected to be able to improve his services, the librarian as well as an icon of a library is expected to change the image of a librarian who is usually considered unfavorable to a good image. Because the good image displayed by the librarian is also a benchmark in improving the quality of the library and the interest in visiting the library itself.

 

ABSTRAK

Artikel ini membahas tentang Peran Komunikasi dan Perilaku Pustakawan Terhadap Pemustaka Untuk Meningkatkan Engagement. Dalam perpustakaan sikap perilaku pustakawan sangat mempengaruhi terhadap perkembangan perpustakaan terutama terhadap pemustaka. perilaku yang baik dan positif tentu saja memberikan kesan baik kepada pemustaka. Komunikasi dan perilaku yang baik kepada pemustaka akan memberikan keterikatan antara pemustaka terhadap perpustakaan. Perilaku yang ramah dan baik akan menguubah citra buruk pustakawan yang selama ini sering dikatakan bahwa pustakawan memiliki Tempramen yang sangat kurang. Peran dan sikap pustakawan yang profesional akan memberikan dampak yang baik terhadap perpustakaan agar semakin maju dan berkembang dan juga berdampak kepada minat pemustaka selaku pengguna informasi yang ada di perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ini menggunakan Metode Kualitatif dengan pengumpulan hasil penelitian menggunakan jenis sumber primer yaitu melalui hasil penelitian pada studi pustaka. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa seorang pustakawan diharapkan dapat meningkatkan pelayanannya, pustakawan juga sebagai ikon dari sebuah perpustakaan diharapkan dapat mengubah citra dari pustakawan yang biasanya dinilai kurang baik menjadi citra yang baik. Karena citra baik yang ditampilkan pustakawan juga menjadi tolok ukur dalm peningkatan mutu perpustakaan dan minat kunjung pada perpustakan itu sendiri.

References

Aeni, L. N., Indah, R. N., & Syam, R.Z. A. (2021). Perilaku Pencarian Informasi Goldenness. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 4(1): 17-30. DOI: https://doi.org/10.30999/n-jils.v4i1.1193

Azis, A. (2019). Pembentukan Perilaku Keagamaan Anak. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman, 1(1), 197-234. Retrieved from http://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/86

Effendy, O.C. Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Rosda Karya

Fatmarani, S. (2022). “Engagement”. Retrieved from https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/engagement/

Indah, R.N. (2021). Kegiatan Seleksi Bahan Pustaka di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 4(2): 207-217. DOI: https://doi.org/10.30999/n-jils.v4i2.1951

Ismanto, I. (2020). Pengembangan Kode Etik Profesi Pustakawan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 121–130. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15198

Khatibah. (2008). Komunikasi Pustakawan. Iqra: Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 8(1): 23-27. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v8i1.61

Nazir, M. (2007). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ngatini, N. (2018). Pelayanan Prima: Upaya Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 1(1). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/11500

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2010). Undang–Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Purwono. (2013). Profesi Pustakawan Menghadapi Tantangan Perubahan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiaji, W., Winoto, Y., & Khadijah, U. (2012). Persepsi Siswa Tentang Pustakawan di Perpustakaan Sekolah. Students e-Journal, 1(1), 23. Diambil dari http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1501

Yusufhin, F. (2019). Social Skill Pustakawan Dalam Mempromosikan Perpustakaan. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 2(1): 53-66. DOI: https://doi.org/10.30999/n-jils.v2i1.516

Published

2022-08-22

How to Cite

Saputri, N., & Rusmiatiningsih, R. (2022). PERAN KOMUNIKASI DAN PERILAKU PUSTAKAWAN TERHADAP PEMUSTAKA UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 5(1), 60–68. https://doi.org/10.30999/n-jils.v5i1.1217

Issue

Section

Articles

Citation Check