POLA PENCARIAN INFORMASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PASCA ADAPTASI PEMBELAJARAN JARAK-JAUH

Authors

  • Alwan Husni Ramdani Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Haria Saputry Wahyuni Universitas Widyatama, Indonesia
  • Gustiana Sabarina UPN Veteran Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v5i1.2139

Keywords:

Literasi Informasi, Pola Pencarian Informasi, Pembelajaran Tatap Muka

Abstract

As time goes by, the policy for the Implementation of Community Activity Restrictions (PPKM) has begun to loosen along with the start of face-to-face learning activities in schools. The transition from distance learning to face-to-face learning has brought significant changes to junior high school students in terms of how they access the information they need related to learning. This study tries to examine the pattern of student information seeking during the transition period. This research is qualitative research with observations and interviews with students of SMPN 1 Cibatu Kab. Garut. The research findings indicate that the information search pattern based on David Ellis' information search model, only 3 processes are passed by students namely starting, chaining, browsing. Changes in the habitual pattern of seeking information through internet-based search engines make students not carry out an in-depth search for information. The transition from distance learning to face-to-face learning implies that internet-based information sources are the main source for meeting information needs in the educational environment. Future research will focus on the effectiveness of using search engines as a means of student learning.

Keywords: information literacy, information search patterns. face-to-face learning


ABSTRAK

Seiring berjalannya waktu kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mulai melonggar beriringan dengan kegiatan mulainya aktifitas pembelajaran tatap muka di sekolah. Transisi pola pembelajaran jarak jauh ke tatap muka telah memberikan perubahan yang signifikan pada siswa sekolah menengah pertama dari sisi cara mereka mengakses informasi yang mereka butuhkan terkait pemeblajaran. Penelitian ini mencoba mengkaji pola pencarian informasi siswa pada masa transisi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan observasi dan wawancara kepada siswa SMPN 1 Cibatu Kab. Garut. Temuan penelitian menunukan bahwa pola pencarian informasi berdasarkan model pencarian informasi David Ellis, hanya 3 proses yang dilalui oleh siswa yakni starting, chaining, browsing. Perubahan pola kebiasaan mencari informasi melalui mesin perncari berbasis internet membuat siswa tidak melakukan pendalaman pencarian informasi. Transisi pola pembelajaran jarak jauh ke tatap muka memberikan implikasi sumber informasi berbasis jaringan internet menjadi sumber utama untuk memenuhi kebutuhan informasi di lingkungan pendidikan. Penelitian selanjutnya akan berfokus pada efektifitas pemanfaatan mesin pencari sebagai sarana belajar siswa.

References

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Creswell, J. W. (2018). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE.

Devi Herliandry, L., Enjelina Suban, M., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Fauziyyah, S. N., & Rina, N. (2020). Literasi Media Digital: Efektivitas Akun Instagram @infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/medialog.v3i1.479

Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., Dahesihsari, R., Psikologi, F., & Jaya, U. A. (2016). Pemakaian Media Sosial Dan Self Concept Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 5(1), 30–41. https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/Manasa/article/view/184

Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran , 1(2), 118–123. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 5(1): 51-56. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Lailiya, A. N., & Krismayani, I. (2015). Pola Pencarian Informasi oleh Santri Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9720

Nurhayati, A. (2018). Perkembangan Perpustakaan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. Jurnal Perpustakaan, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art3

Purnama, R. (2021). Model Perilaku Pencarian Informasi (Analisis Teori Perilaku Pencarian Informasi Menurut David Ellis). Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 10. https://doi.org/10.18592/pk.v9i1.5158

Riani, N. (2017). Model Perilaku Pencarian Informasi Guna Memenuhi Kebutuhan Informasi (Studi Literatur). Jurnal Publis, 1(2): 14-20. doi: https://doi.org/10.24269/pls.v1i2.693

Untari, S. K. (2020). Kreatifitas Guru Dalam Menyongsong Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. In Buana Pendidikan Spesial Issue (Vol. 16, Issue 30). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/index

Wahyono, P., Husamah, H., & Setia Budi, A. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. JURNAL PENDIDIKAN PROFESI GURU. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462

Widiyastuti. (2016). Perbandingan Teori Perilaku Pencarian Informasimenurut Ellis, Wilson Dan Kuhlthau. Jurnal Pustaka Budaya, 3(2). http://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/583

Published

2022-08-22

How to Cite

Ramdani, A. H., Wahyuni, H. S., & Sabarina, G. (2022). POLA PENCARIAN INFORMASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PASCA ADAPTASI PEMBELAJARAN JARAK-JAUH. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 5(1), 103–114. https://doi.org/10.30999/n-jils.v5i1.2139

Issue

Section

Articles

Citation Check