ANALISIS BIBLIOMETRIK PERKEMBANGAN PENELITIAN BIDANG LITERASI ANAK (2012-2022) MENGGUNAKAN PUBLISH OR PERIS DAN VOSVIEWER
DOI:
https://doi.org/10.30999/n-jils.v5i2.2357Keywords:
Bibliometrik, Google Scholar, Crossref, Children Literacy, Publish or Perish, VOSViewerAbstract
keyword: bibliometrik, google scholar, crossref, children literacy, publish or perish, vosviewer
ABSTRAK
Penelitian bibliometrik ini berfokus pada mapping riset bidang literasi anak berbasis Google Scholar dan Crossref. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan penelitian dalam bidang literasi anak. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan database Google Scholar dan Crossref dengan kata kunci literasi anak, kategori publikasi adalah jurnal dan sampel yang digunakan sebanyak 1923 artikel. Pengambilan data dilakukan menggunakan perangkat lunak Publish or Perish (PoP) untuk mendapatkan data perkembangan riset secara akurat. Analisis data dilakukan menggunakan VOSViewer. Hasil analisis menunjukkan Topik-topik riset yang dominan diantaranya tentang literasi anak dengan penerapannya di dunia pendidikan dengan fokus pada habit (kebiasaan) dan behavior (perilaku) anak. Potensi dan peluang riset dengan tema literasi anak mencakup pembahasan mengani pemanfaatan teknologi dalam literasi anak. Riset ini masih terbatas dengan memanfaatkan Publish or Perish (PoP) dalam mengambil metadata dari Google Scholar dan Crossref serta menggunakan VOSViewer untuk membuat visualisasi pemetaan dan pengklasteran topik-topik. Selanjutnya, penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain yang akan meneliti tentang topik literasi anak.
References
Antasari, I. W. (2016). “Dukungan Orang Tua Dalam Membangun Literasi Anak.” Edulib 6 (2): 138–46. DOI (PDF): https://doi.org/10.17509/edulib.v6i2.5025.g3573
Astuti, T. P. (2015). PERBEDAAN LITERASI EMERGEN ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI DAERAH PERKOTAAN DAN PINGGIRAN. Jurnal Psikologi, 13(2), 107-119. https://doi.org/10.14710/jpu.13.2.107-119.
Barton, D. (2012). “Participation, Deliberate Learning and Discourses of Learning Online.” Language and Education 26 (2): 139–50. https://doi.org/10.1080/09500782.2011.642880.
Hewi, L. (2020). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi Di TK AL-AQSHO Konawe Selatan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 112-124. doi:http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7238.
Hidayatullah, S., Syihabuddin, S., & Damayanti, V. (2021). “Analisis Kebutuhan Media Literasi Berbasis Digital Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1190–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1183.
Inten, D. N. (2017). “Peran Keluarga Dalam Menanamkan Literasi Dini Pada Anak.” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689.
Khoiriyah, N., Setiawan, A., Maziyya, N., & Jannah, E. (2022). Peningkatan Budaya Literasi Anak Sekolah Dasar Melalui Komunitas Peduli Membaca. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 29-36. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/kifah.v1i1.415
Kusuma, M. W. ., Larasati, W. ., Risma, F. V. ., Sari, N. ., & Agustin, U. V. S. . (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 132–138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5180
Novrani, A., Caturwulandari, D., Purwestri, D., & Annisa, I.F.E. (2021). “Pengembangan Literasi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun,” 64. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220709_130107.pdf.
Rosdiana, L.A., Sunendar, D., & Damaianti, V.S. (2021). “Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajar Daring Saat Pandemi Covid-19.” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 161-168. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1420.
Sidik, Umar. 2020. “KESESUAIAN BAHAN BACAAN LITERASI EMERGEN DENGAN PEMBACA SASARAN.” Widyaparwa, 48 (2): 257–68. DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v48i2.609
Yemmardotillah, M., & Indriani, R. (2021). “Literasi Digital Bagi Keluarga Milenial Dalam Mendidik Anak Di Era Digital.” Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.223.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Nusantara Journal of Information and Library Studies journal and afiliasi as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Nusantara Journal of Information and Library Studies and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Nusantara Journal of Information and Library Studies journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [copyright transfer form]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Rosiana Nurwa Indah (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS)
Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Jl. Soekarno Hatta No. 530 Bandung
Email: jils.uninus@gmail.com