KOLABORASI RUMAH BACA ASMANADIA CIRANJANG DENGAN RELAWAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS KEGIATAN LITERASI

Authors

  • Wiwit Widyawati Padjadjaran University, Indonesia
  • Yunus Winoto Padjadjaran University, Indonesia
  • Ute Lies Siti Khadijah Padjadjaran University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v5i1.1967

Keywords:

Rumah Baca Asmanadia, Kolaborasi, Relawan, Kegiatan Literasi

Abstract

Asmanadia Ciranjang Reading House (RBA Ciranjang) is one of the branches of Asmanadia Reading House in Indonesia. To develop and carry out its activities, RBA Ciranjang does not work alone, therefore the purpose of this research is to find out the components of collaboration between RBA Ciranjang and volunteers to empower communities based on literacy activities and to identify the supporting and inhibiting factors of collaboration. This study uses a qualitative research method with a case study approach. Data collection techniques were carried out through interviews, observations, and literature studies. The informants in this study were the head of the Ciranjang RBA board, two Ciranjang RBA volunteers and one key informant. The results showed that the implementation of the collaboration component was carried out well, seen from the first component, namely the communication that existed between RBA Ciranjang and volunteers showing their closeness. The second component is RBA Ciranjang and volunteers already trust each other and understand their respective duties. The third component is RBA Ciranjang and volunteers have a commitment to achieve the agreed goals. The fourth component is the goal that they agreed on is to grow interest and reading culture from literacy activities in RBA Ciranjang so that the community is empowered. The fifth component, namely the impact felt by the Ciranjang RBA and volunteers, is a positive impact. The supporting factor for collaboration is the motivation that RBA Ciranjang has with volunteers and there are no inhibiting factors from collaboration.
Keywords: Asmanadia Reading House, collaboration, volunteer, literacy activities

ABSTRAK

Rumah Baca Asmanadia Ciranjang (RBA Ciranjang) merupakan salah satu cabang dari Rumah Baca Asmanadia di Indonesia. Untuk mengembangkan dan menjalankan kegiatannya, RBA Ciranjang tidak bergerak sendirian, oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen kolaborasi RBA Ciranjang dengan relawan dalam upaya pemberdayaan masyarakat berbasis kegiatan literasi dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dari kolaborasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan  studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Informan dalam penelitian ini adalah ketua pengurus RBA Ciranjang, dua relawan RBA Ciranjang dan satu key informant. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan komponen kolaborasi terlaksana dengan baik, dilihat dari komponen pertama yaitu komunikasi yang terjalin antara RBA Ciranjang dengan relawan menunjukkan kedekatan mereka. Komponen kedua yaitu RBA Ciranjang dan relawan sudah saling percaya dan memahami tugas mereka masing-masing. Komponen ketiga yaitu RBA Ciranjang dan relawan memiliki komitmen untuk mencapai tujuan yang telah disepakati. Komponen keempat yaitu tujuan yang mereka sepakati adalah menumbuhkan minat dan budaya membaca dari kegiatan literasi yang ada di RBA Ciranjang agar masyarakat tersebut berdaya. Komponen kelima yaitu dampak yang dirasakan oleh RBA Ciranjang dan relawan merupakan dampak yang positif. Faktor pendukung terjalinnya kolaborasi adalah motivasi yang dimiliki oleh RBA Ciranjang dengan relawan dan tidak ada faktor penghambat dari kolaborasi.

References

Agustiani, D. H., & Wicaksono, M. F. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi : Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Matahari Indonesia. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan Dan Kearsipan, 23(1), 45–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.7454/jipk.v23i1.238

Amin, M. A. (2020). Strategi Pengembangan Taman Baca Nurul Jihad di Desa Tabbinjai Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. repoitory.uin-alauddin.ac.id/18156/

Ansell, C., & Gash, A. (2008). Collaborative governance in theory and practice. Journal of Public Administration Research and Theory, 18(4), 543–571. https://doi.org/10.1093/jopart/mum032

Efendi, D., Sakir, & Linawati, S. L. (2019). Kolaborasi Gerakan Literasi Untuk Pemberdayaan: Studi Kasus Rumah Baca Komunitas Di Dusun Kanoman, Sleman, DI Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1, 86–94.

Ludifa. (2015). Upaya Pembinaan Minat Baca di Taman Bacaan Masyarakat: Studi Kasus TBM Sanggar Baca Jendela Dunia dan TBM Jendela Ilmu [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29858

Mora, R., & Setiawati. (2020). Hubungan Pendayagunaan Fasilitas dengan Minat Baca Anak-anak di Rumah Baca Kampuang Tobiang ( KATO ) Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3163–3168. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.823

Saleh, C. (2020). Konsep, Pengertian, dan Tujuan Kolaborasi. In Pustaka Universitas Terbuka (Vol. 1). Pustaka Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/DAPU6107-M1.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (25th ed.). Alfabeta.

Udiani, N. (2016). Kolaborasi Perencanaan ( Studi Kasus Pengembangan UMKM di Kabupaten Maros ) [Universitas Hasanudin]. https://core.ac.uk/download/pdf/77625182.pdf

Waisah, A. (2020). Strategi Membangun Brand Image Dalam Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat di Taman Baca Asma Nadia Sumbang Banyumas [Institut Islam Agama Islam Negeri Purwokerto]. repository.iainpurwokerto.ac.id/9139/

Widjajanti, K. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 15–27. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/jep.v12i1.202

Wulandari, F. (2019). Kolaborasi Organisasi Terhadap Perlindungan Dan Pelayanan Publik (Studi Kasus Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Bone) [Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/5913-Full_Text.pdf

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (4th ed.). Kencana.

Published

2022-08-22

How to Cite

Widyawati, W., Winoto, Y., & Khadijah, U. L. S. (2022). KOLABORASI RUMAH BACA ASMANADIA CIRANJANG DENGAN RELAWAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS KEGIATAN LITERASI. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 5(1), 82–102. https://doi.org/10.30999/n-jils.v5i1.1967

Issue

Section

Articles

Citation Check