DESAIN TATA RUANG TERHADAP MINAT PENGUNJUNG SISWA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Penulis

  • Wahyu Satya Gumelar Universitas Islam Nusantara
  • Salsa Saroya Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v5i1.2166

Kata Kunci:

Perpustakaan Sekolah, Desain Tata Ruang, Minat Pengunjung

Abstrak

This study aims to determine the spatial layout of the interest of visitors in the Library of SMA Negeri 1 Ciwidey. The research uses descriptive qualitative methods. This study involved three informants, namely one librarian and two users. The results showed that the spatial design which includes furniture, air circulation, sound system, and comfort in the SMA Negeri 1 Ciwidey Library is good. This makes the interest of students visiting to take advantage of the high library. However, in terms of lighting and color management, the lighting is still dim and the paint color used is dark. This affects the activities of users in their activities in the library. In addition, the building area that is not in accordance with the number of users makes the room look cramped.

Keywords: school library, spatial design, visitor interest


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata ruang terhadap minat pengunjung di Perpustakaan SMA Negeri 1 Ciwidey. Penelitian menggunggakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan tiga orang informan, yaitu satu orang pustakawan dan dua orang pemustaka.  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa desain tata ruang yang meliputi perabot, sirkulasi udara, tata suara, dan kenyamanan di Perpustakaan SMA Negeri 1 Ciwidey sudah baik. Hal ini menjadikan minat kunjungan siswa untuk memanfaatkan perpustakaan tinggi. Namun, pada aspek pencahayaan dan tata warna masih kurang karena pencahayaan masih redup dan warna cat yang digunakan gelap. Hal ini berpengaruh dalam aktivitas pemustaka dalam beraktivitas diperpustakaan. Selain itu, adanya luas gedung yang belum sesuai dengan jumlah pemustaka menjadikan ruangan terlihat sempit.

Referensi

Aryani, F., & Armiati. (2019). Analisis Tata Ruang Perpustakaan Sekolah. Jurnal Ecogen, 4(2): 259-269. DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11162

Azwar, M., & Rusli, A. N. (2016). Manajemen Tata Ruang Perpustakaan Pesantren Madani Alauddin Pao-Pao Makassar. Al-Maktabah, 15(1): 57-70. DOI: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v15i1.4714

Bafadal, I. (2008). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT.Grasindo, Anggota Ikapi.

Denzin, N., K., & Lincoln, Y., S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 12-18. doi: https://doi.org/10.15548/jib.v2i1.25

Indah, R. N., Syam, R. Z. A., & Agustina, H. (2021). Analisis Penerapan Pencahayaan Di Pitimoss Fun Library Terhadap Minat Kunjung Perpustakaan. Jurnal El-Pustaka, 2(1): 23-25. DOI: https://doi.org/10.24042/el-pustaka.v2i1.8331

Janiar, I. (2018). Pengaruh Tata Ruang Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Diploma Thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang. Retrieved from http://repository.radenfatah.ac.id/3133/

Mustika, P., & Rahmah, E. (2015). Pengaruh Sarana dan Prasarana Perpustakaan terhadap Minat Kunjungan Siswa SMPN 1 Batang Anai. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 4(1):305-314. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/6174

Prastowo, A. (2012). Manajemen Perpustakaan sekolah Profisional, Jogjakarta: Diva Pres.

Pujiharjono, A. (2019). Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Retrieved from https://perpustakaan.kulonprogokab.go.id/detil/705/pemberdayaan-perpustakaan-sekolah-sebagai-sumber-belajar

Sandy, W. K., & Mulyantomo, E. (2021). Analisis Minat Kunjung Pemustaka Di Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Semarang. Information Science and Library, 2(1): 29-36. DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v2i1.3203

Sehgal, S. (2012). Relationship between Work Environment and Productivity. International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA), 2 (4): 1992–1995. http://www.ijera.com/papers/Vol2_issue4/LY2419921995.pdf

Sistarina, A., & Kartikasari, S. (2020). Redesain Tata Ruang dan Kenyamanan Pustakawan dan Pemustaka di Perpustakaan Universitas Airlangga. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 8(2), 79–86. https://doi.org/10.20473/jpua.v8i2.2018.79-86

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sumiati, O. (2019). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutarno, N., S. (2004). Manajemen Perpustakaan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Samitra Media Utama.

Suwarno, W. (2011). Perpustakaan dan Buku. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Utanya, Z. U. H. (2019). Pengaruh Tata Ruang Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SMAN 4 Tangerang Selatan. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49570

Yusuf, P., W., & Suhendar, Y. (2007). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diterbitkan

2022-08-22

Cara Mengutip

Gumelar, W. S., & Saroya, S. (2022). DESAIN TATA RUANG TERHADAP MINAT PENGUNJUNG SISWA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 5(1), 38–50. https://doi.org/10.30999/n-jils.v5i1.2166

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check