Pelatihan Komunikasi Pemasaran Digital Usaha Produksi Masyarakat di Gampong Blang Poroh Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i1.2386Keywords:
Pelatihan, Komunikasi, pemasaran digitalAbstract
Pengabdian ini merupakan program yang dijalankan secara holistik, komprehensif dan integral dengan melibatkan mitra utama gampong sasaran bersama akademisi. Tujuan utama pengabdian ini adalah penguatan usaha kecil yang telah dijalankan masyarakat Gampong Blang Poroh, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Dengan adanya pelatihan pemasaran berbasis digital selanjutnya melahirkan kegiatan usaha masyarakat yang berbasis digital gampong lingkungan Kampus Universitas Malikussaleh. Penguatan usaha pemasaran berbasis digital sebagai langkah ekspansif pola pemasaran melalui pendekatan edukasi, sosialisasi, promotif dan interaktif melalui Integrated Marketing Communication. Program ini mendesak dilakukan dengan alasan pola pemasaran berbasis digital merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi masyarakat dalam menjalankan usahanya sebagai penopang ekonomi dengan memanfaatkan media (teknologi informatika, konten, bentuk dan fungsi media) mengarah pada dampak positif. Masifnya pengunaan media dan teknologi informasi telah menjadi peluang dalam mempromosikan, sosialisasi dan juga menjadi media interaksi antara produsen dan konsumen. Selain itu, ketidakberdayaan mereka ketika berhadapan dengan teknologi media dan komunikasi diakibatkan oleh lemahnya pengetahuan dan sampai pada tahap aplikatif, berakibat pada march in place terhadap hasil produksi. Konten-konten promotif melalui teknologi informatika dengan fitur-fitur menari baik melalui website ataupun media sosial akan semakin mendukung. Pengabdian ini dilakukan dengan tahapan-tahapan yang diawali dengan pemetaan kondisi dan situasi dampak hasil usaha masyarakat. Penentuan pelatihan pemasaran berbasis digital dengan memakai pendekatan Community Business Devolopment yang berupaya mengembangkan kegiatan usaha perekonomian masyarakat dengan efek media berbasis digital. Sosialisasi, demonstrasi bagaimana pendekatan ini berfungsi dalam penguatan dan memahami dampak positif dari teknologi informatika. Implementasi pemanfaatan media secara cerdas dan tepat guna dalam melebarkan peluang penyerapan hasil usaha.
References
Astuti, Santi Indra. 2004. Membangun Masyarakat Melek Media (Artikel dalam HU Pikiran Rakyat, Agustus 2004).
Berger, Arthur Asa. 1998. Media Research Techniques (2nd edition). London: SAGE Publications.
, 2003. Media & Society (A Critical Perspective). Maryland, USA: Rowman & Littlefield Publisher.
Chavanu, Bakari. 1989. 10 Classroom Approaches to Media Literacy. Artikel dalam The Media Literacy Resource Guide. Ontario: Ontario Ministry of Education.
Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bhakti.
Fiddler, Roger. 2003. Mediamorphosis. Jakarta: Aksara.
Hasan, kamaruddin, 2014, Kritislah Terhadap Sajian Produk Media Massa; http://aceh.antaranews.com/berita/12715/kritislah-terhadap-sajian-produk-media- massa
…………………, 2017, Media Baru Dalam Ranah Politik Kontemporer Indonesia, https://zonamedia.co/opini/media-baru-dalam-ranah-politik-kontemporer-indonesia/
…………………., 2014, Ekonomi Politik Media Dan Ruang Publik, Comicos 2014 Fisip Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Bridging the Gap: Sinergi, Koneksi dan Konvergensi, Ilmu Komunikasi UAJY. Comicos 2014)
McQuail, Denis. 1992. Media Performance: Mass Communication and The Public Interest.
London: SAGE Publications.
Potter, James W. 2002. Media Literacy. New York: SAGE Publication.
Pebrianto Eko Wicaksono, “Survei: Keinginan Belanja Orang Indonesia Naik,” 2016, diakses tanggal 26 November 2017, http://m.liputan6.com/bisnis/read/2569236/survei-keinginan-belanjaorang-indonesia-naik.
Data Observasi awal dan Roadshow Sekolah Menulis dan Kajian Media (SMKM-Atjeh), 2018.