Pemberdayaan Masyarakat UMKM melalui Pembinaan dan Pendampingan Digital Marketing dengan Media Sosial

Authors

  • Lilis Irmawatie Universitas Islam Nusantara, Jl. Soekarno Hatta No.530, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat., Indonesia
  • Aisah Aisah Universitas Islam Nusantara, Jl. Soekarno Hatta No.530, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat., Indonesia
  • Naufal Dekananda, A.P. Universitas Islam Nusantara, Jl. Soekarno Hatta No.530, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat., Indonesia
  • Atiza Hutami P Universitas Islam Nusantara, Jl. Soekarno Hatta No.530, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat., Indonesia
  • Dela Triani Universitas Islam Nusantara, Jl. Soekarno Hatta No.530, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat., Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i2.2900

Keywords:

digital marketing, media sosial, pemberdayaan masyarakat, UMKM

Abstract

Desa Tanjungsari merupakan desa yang berada di wilayah Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Desa tersebut memiliki klasifikasi sebagai desa swadaya yang menjadi salah satu lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Nusantara. Desa Tanjungsari berada di pusat kecamatan dan memiliki posisi yang strategis sehingga perekonomian desa berkembang pesat. Beberapa bidang usaha dan bisnis kuliner rumahan dalam bentuk UMKM menjadi mata pencaharian masyarakat. Tetapi sebagian pelaku UMKM tersebut masih memasarkan produk hanya di dalam wilayah desa, dan belum memiliki logo dan nama brand dari produk yang dihasilkan sehingga belum dikenal masyarakat luas. Di era modern saat ini, digital marketing memiliki efektifitas daya jual yang besar di media sosial. Oleh karena itu dilakukan pembinaan dan pendampingan dalam hal pemasaran melalui digital marketing. Tujuan pendampingan adalah untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM dalam pemanfataan teknologi sebagai faktor penunjang proses produksi dan pemasaran produk supaya mudah dikenal publik. Metode penelitian dalam program ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Setelah mendapatkan pembinaan dan pendampingan, pelaku UMKM berhasil meningkatkan value dengan memiliki logo dan nama brand dari produk makanan yang dihasilkan, serta dapat membuat akun dan mengelola e-commerce sebagai sarana transaksi jual beli produk yang lebih luas.

References

Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Amelia Dwi, H. (2023). Digitalisasi Umkm : Peningkatan Kapasitas Melalui Program Literasi Digital. Jurnal Signal, 11(1), 01–140. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Signal/article/download/8213/3324

Faris, A., & Himawan, I. (2019). Digital Marketing: Peningkatan Kapasitas Dan Brand Awareness Usaha Kecil Menengah. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 17(2), 2579–2647.

Kaihatu, Thomas S. 2014. Manajemen Pengemasan. Yogyakarta: ANDI.

Kaplan, A,M., & Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, Vol. 53 No. 1, pp. 59-68

Kementerian Komunikasi dan Informasi. 2022.

Kusuma, V. A. M., Sahabuddin, Z. A., & Hutasoit, P. S. J. K. (2022). Strategi Digital Marketing pada Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Jurnal Cafetaria, 3(1), 24–35. http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/492

Laily Bunga Rahayu, E., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Beli di Masyarakat: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 672–685. https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1303

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial : Antecedents Dan Consequences Social Media Marketing : Antecedents and Consequenc-. Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 187–196.

Pfeffer, J., Zorbach, T., & Carley, K,M., 2014. Un- derstanding Online Firestorm: Negative Word of Mouth Dynamics in Social Media Environments, Journal of Marketing Communication.

Ramadhayanti, A. (2019). Pengaruh Logo Kemasan Produk Kosmetik Sebagai Penjelasan Kriteria Produk Pemakaian Dan Tingkat Pengetahun Kemasan Produk Terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus Ibu-Ibu / Remaja Cakrawala Ii Tj Priok, Kec. Koja Jakarta Utara). Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 8–16. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.8-16

Sari, R. P., & Fetriani. (2022). Membangun Kesadaran Masyarakat Bersih Melalui Kuliah Kerja Nyata (Pemberdayaan Masyarakat) Di Kelurahan Kebun Roos Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), 470–474. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.2659

Sazali, H., & Rozi, F. (2020). Belanja Online dan Jebakan Budaya Hidup Digital pada Masyarakat Milenial. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(2), 85–95. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i2.3556

Published

2023-12-08

How to Cite

Irmawatie, L., Aisah, A., A.P., N. D., P, A. H., & Triani, D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat UMKM melalui Pembinaan dan Pendampingan Digital Marketing dengan Media Sosial. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 13(2), 214–223. https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i2.2900

Issue

Section

ARTIKEL PENGABDIAN

Citation Check

Most read articles by the same author(s)