Edukasi Gizi Seimbang sebagai Upaya Pencegahan ?Penyakit Degeneratif pada Remaja SMP
DOI:
https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i3.2934Keywords:
edukasi, gizi seimbang, penyakit degeneratif, remaja?Abstract
Penyakit degeneratif tidak hanya terjadi pada lansia dan dewasa saja, melainkan juga pada remaja jika pola makannya tidak sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Pedoman gizi seimbang merupakan kumpulan makanan dan minuman dengan kualitas dan kuantitas yang sesuai dengan kebutuhan harian tubuh dengan tetap memperhatikan prinsip keberagaman makanan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan pemantauan berat badan secara teratur. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa/siswi tentang gizi seimbang. Metode yang digunakan adalah ceramah, Focus Groub Discussion (FGD), dan tanya jawab. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan yang diberikan sebelum dan sesudah edukasi. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan pengetahuan siswa/siswi terkait gizi seimbang dari nilai rata-rata 59% menjadi 85%. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah edukasi mampu meningkatkan pengetahuan gizi siswa/siswi sehingga tenaga gizi di puskesmas setempat disarankan untuk turut memberikan edukasi tentang pedoman gizi seimbang pada siswa/siswi agar pencegahan penyakit degeneratif dapat dilakukan sejak dini.
References
Ahmad, H., Antoni, A., & Muhamad, Z. (2023). Edukasi Gizi Seimbang pada Anak di SD Negeri Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan (Abdigermas), 1(1), 1–6. https://doi.org/10.58723/abdigermas.v1i1.2
Dianna, Septianingsih, N., & Pangestu, J. F. (2020). Perbedaan Pengetahuan Ibu Balita Sebelum dan Sesudah Sesudah diberikan Penyuluhan tentang Stunting Melalui Media Video dan Leaflet di Wilayah Kerja Puskesmas Saigon Kecamatan Pontianak Timur. Jurnal Kebidanan Khatulistiwa, 6(1), 7–15. https://doi.org/10.30602/jkk.v6i1.493
Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. In Profil kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.
Ependi, S. (2018). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD Negeri 012 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(2), 256–264.
Faisal, Demmalewa, J. Q., & Abadi, E. (2022). Hubungan Pola Makan dan Perilaku Merokok dengan Kejadian Hipertensi pada Remaja Putra di Wilayah Kerja Puskesmas Nambo , Sulawesi Tenggara. Jurnal JOUBAHS, 2(2), 194–205.
Handari, S. D., Rahmasari, M., & Adhela, Y. D. (2023). Hubungan Diabetes Melitus, Kolesterol dengan Skor Kalsium pada Pasien Hipertensi dengan Status Gizi Obesitas. Amerta Nutrition, 7(1), 7–13. https://doi.org/10.20473/amnt.v7i1.2023.7-13
Harjatmo, T. P., Par’i, H. M., & Wiyono, S. (2017). Penilaian Status Gizi (1st ed.). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Kusparlina, E. P. (2022). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Hipertensi pada Remaja. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 13(1), 124–131.
Lestari, P. (2020). Hubungan Pengetahuan Gizi, Asupan Makanan dengan Status Gizi Siswi MTs Darul Ulum. Sport and Nutrition Journal, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.15294/spnj.v2i2.39761
Lupiana, M., & Sutrio. (2022). Penyuluhan Gizi tentang Anemia dan Stunting di Desa Gedong Pakuan Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 52–56. https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v1i4.306
Mumtahana, L., Ikmal, H., & Sari, A. A. (2022). Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Lempar Dadu dan Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 1–6.
Nurlaela, Hilmi, I. L., & Salman. (2022). Status Gizi pada Remaja Putri yang Mengalami Anemia: Literature Review. Jurnal Farmasetis, 11(3), 215–222.
Nusu, A. C. (2019). Penerapan Pedoman Gizi Seimbang Melalui Media “Piring Makanku” terhadap Perilaku Gizi Seimbang pada Anak Usia Sekolah di Panti Asuhan Kota Makasar. Universitas Hasanuddin.
Nuzul ZA, R., Dita Puteri, A., & Meilina, R. (2022). Komunikasi Kelompok Terarah (FGD ) tentang Anemia pada Remaja di Desa Lampineung Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. COVIT (Community Service of Health), 2(1), 136–140. https://doi.org/10.31004/covit.v2i1.5029
Pritasari, Damayanti, D., & Lestari, N. T. (2017). Gizi dalam Daur Kehidupan (1st ed.). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Rachmawati, W. C. (2019). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (1st ed.). Wineka Media.
Rahmawati, F., Amar, M. I., Ilmi, I. M. B., & Syah, M. N. H. (2022). Edukasi Gizi Brosur & Powepoint pada Pedoman Gizi Seimbang (PGS) Kelas VII MTs Hayatul Ilmi. Indonesian Jurnal of Health Development, 4(1), 46–53.
Sari, E. M., & Sopiyandi. (2023). Edukasi Pedoman Gizi Seimbang (PGS) melalui Media Sosial dapat Meningkatkan Asupan Protein, Zat Besi, dan Vitamin C pada Remaja Putri. Pontianak Nutrition Journal, 6(2), 312–317.
Selviyanti, S. S., Ichwanuddin, Judiono, Suparman, & Tiara, D. N. (2019). Penyuluhan Gizi dengan Media Flashcard terhadap Pengetahuan Pesan Umum Gizi Seimbang pada Siswa Sekolah. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(2), 82–91. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i2.674
Sholihah, N. A., Handayani, A. R., Lestari, Y., Putri, D. F. A., Mentari, L. G., & Syahid, M. (2023). Penyuluhan Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Degeneratif Pada Remaja. JOONG-KI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 790–795.
Siswanto. (2014). Buku Studi Diet Total: Survei Konsumsi Makanan Individu Indonesia 2014. In Balitbangkes Kemenkes RI (1st ed.).
Siwi, N. P., & Paskarini, I. (2018). Hubungan Asupan Karbohidrat, Lemak, dan Protein dengan Status Gizi (Studi Kasus pada Pekerja Wanita Penyadap Getah Karet di Perkebunan Kalijompo Jember). The Journal of Public Health, 13(1), 1–12.
Solikhah, L. S. (2019). Hubungan Konsumsi Ikan, Sarapan, Kualitas Tidur, dan Rasio Lingkar Pinggang-Tinggi Badan dengan Kejadian Prediabetes pada Remaja Usia 14-18 Tahun. Universitas Sebelas Maret.
Widyastuti, W., Rofiqoh, S., Aroh, I. ’, & Chabibah, N. (2023). Early Prevention of Diabetes by Education of Food Arrangements Related to Diabetes Risk in Teenage among Mothers. Unoversity Research Colloqium 2022, 1757–1757.
Zuhdiah, & Eliyanti, N. A. (2022). Implementasi Metode Ceramah Plus pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 2 Tinambung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1784–1789.