Pendampingan Pembelajaran Menulis Cerita Sederhana Melalui Media Gambar

Authors

  • I Wayan Muliasa Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali
  • Desak Putu Anom Janawati ITP Markandeya Bali, Bangli , Indonesia
  • I Wayan Numertayasa ITP Markandeya Bali, Bangli , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i2.2976

Abstract

Pendidikan adalah salah satu  cara yang dapat di tempuh oleh manusia untuk  mengembangkan seluruh potensi dalam dirinya. Tujuan dari pendampingan ini yakni agar dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita sederhana di kelas III melalui media gambar. Metode yang digunakan yaitu metode pembelajaran secara langsung. Hasil yang didapatkan dalam pendingan ini adalah Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di kelas III SD N 3 Kayubihi guna membantu meningkatkan kemampuan menulis siswa khususnya dalam menulis cerita sederhana. Dengan bantuan media gambar akan membuat siswa lebih mudah dalam membuat sebuah cerita sederhana sehingga siswa akan termotivasi dalam kegiatan menulis salah satunya adalah menulis cerita sederhana.

References

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Keterampilan menulis. July, 1–23.

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412

Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466

Lailiyah, N. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Flash Untuk Pembelajaran Keterampilan Menuliskan Kembali Cerita Siswa Kelas IV SD. Jpgsd, 06(07), 1150–1159. https://core.ac.uk/download/pdf/230635471.pdf

Mathematics, A. (2016). Cahaya Pena Antologi Esai. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/66219455/CAHAYA_PENA_Antologi_Esai_2016_-libre.pdf?1617977874=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DCAHAYA_PENA_Antologi_Esai.pdf&Expires=1686823678&Signature=VPy-aHREACOSk~8nZb~uIFyPWuss0ZLE79nxoEpoF2scr

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik Dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330

Sari, R., Bahasa, F., & Medan, U. N. (1997). PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA DENGAN MEDIA KOMPUTER.

Setyaningsih, N., & Widajati, W. (2018). Implementasi Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Sederhana Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/23627/21602

Umar, S. W. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen dengan Strategi Copy the Master Melalui Media Audiovisual pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 1–15.

Umi. (2006). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas Ii Sd. 1–5.

Wayan, N., Saputri, T., Arianti, N. N., Ayu, D., & Meitri, K. (2022). PENDAMPINGAN SISWA SD N 1 CEMPAGA YANG MENGALAMI KESULITAN. 6, 3069–3072.

Published

2023-12-22

How to Cite

Muliasa, I. W., Desak Putu Anom Janawati, & I Wayan Numertayasa. (2023). Pendampingan Pembelajaran Menulis Cerita Sederhana Melalui Media Gambar . JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(1), 99–103. https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i2.2976

Issue

Section

ARTIKEL PENGABDIAN

Citation Check