Meningkatkan Keunggulan Lembaga Pendidikan Islam Melalui Pengelolaan Manajemen Kurikulum
DOI:
https://doi.org/10.30999/shibyan.v1i1.2753Keywords:
Manajemen, Kurikulum, Program Pembelajaran.Abstract
Sebuah lembaga pendidikan akan menjadi unggul apabila dapat menerapkan arah pendidikannya. Untuk itu diperlukan faktor pendukung, seperti kurikulum yang selaras dengan arah pendidikannya. Kurikulum merupakan faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran, sehingga dalam pelaksanaannya perlu dikelola dengan sistem manajemen. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan, manfaat, prinsip, serta tahapan manajemen kurikulum dan program pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kajian pustaka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mengeksplorasi data sesuai dengan pembahasan mengenai manajemen kurikulum dan program pembelajaran. Data penelitian diperoleh dari berbagai buku, literatur, dokumen, jurnal maupun artikel yang relevan dengan kajian. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi. Manajemen kurikulum merupakan proses mengelola kurikulum yang telah dirumuskan menggunakan metode agar tujuan kurikulum dapat tercapai. Tujuan dan manfaat manajemen kurikulum adalah untuk membantu menyukseskan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya manajemen kurikulum memiliki prinsip produktivitas, demokratisasi, kooperatif, efektivitas dan efisiensi, serta mengarahkan visi, misi dan tujuan yang di tetapkan dalam kurikulum. Tahapan manajemen kurikulum, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Manajemen kurikulum merupakan faktor penting dalam keberhasilan pendidikan, kurikulum yang sesuai dengan arah pendidikan akan menghasilkan lulusan yang unggul. Oleh karena itu, pengelolaan kurikulum menjadi tanggung jawab perencana, pengembang, pelaksana dan pengawas pendidikan untuk memastikan bahwa pembelajaran berlangsung dengan baik dan mengarah pada pencapaian tujuan yang diinginkan, yang tercermin dalam perubahan perilaku siswa.
References
Adyanto, P. (2017). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).
Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.
Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., … Sambanis, N. (2015). Implementasi Kurikulum Terpadu Di Sekolah Dasar Islami Terpadu Qardhan Hasana Banjarbaru. Syria Studies, 7(1).
Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2).
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.
Jeflin, H., & Afriansyah, H. (2020). Pengertian Kurikulum, Proses Administrasi Kurikulum dan Peran Guru Dalam Administrasi Kurikulum.
Marginson, S., & Van der Wende, M. (2007). To rank or to be ranked: The impact of global rankings in higher education. Journal of studies in international education, 11(3–4), 306–329.
Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi kurikulum 2013 revisi: dalam era industri 4.0. Bumi Aksara.
Mushthofa, A., Khizbullah, M. A., & Ramadhani, R. A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Profesionalisme Guru. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 35–44.
Pramono, D. A. (2022). Program Pembentukan Kompetensi Bahasa Asing Dan Teknologi Informasi Siswa. International Conference on Research and Community Services (ICORcs), 1(1), 1–37.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75–94.
Rohman, F. (2018). Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Nizhamiyah, 8(2).
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sulfemi, W. B. (2020). Pengelolaan Manajemen Sekolah yang Efektif dan Unggul. Artikel, 02(09).
Wijaya, C. (2017). Perilaku Organisasi Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI.
Yamin, Mohammad. (2012). Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.
Yamin, Muhammad, & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Shibyan Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.