Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Hibrid di MIS Fitrah Insani Leles Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.30999/shibyan.v1i1.2754Keywords:
Daring, Pembelajaran IPS, Pembelajaran HybridAbstract
Sejak bulan Maret 2020, pembelajaran dari rumah telah diberlakukan. Guru juga melakukan pembelajaran dari rumah (teaching from home), dan pandemi Covid-19 telah mengubah paradigma pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran IPS di MI Fitrah Insani di Kabupaten Garut di tengah pandemi, baik dalam bentuk daring maupun luring. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada penelitian fenomenologi. Namun, pelaksanaan pembelajaran daring dan luring dihadapkan pada sejumlah tantangan, baik dari segi sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana. Dalam pembelajaran yang diterapkan baik dalam bentuk luring maupun daring, MI Fitrah Insani lebih sering menggunakan metode luring karena dianggap lebih efektif, terutama dalam konteks pembelajaran. Namun, saat ini masih terdapat kendala, terutama ketika menerapkan metode daring di daerah pelosok yang memiliki keterbatasan kuota dan jaringan internet. Beberapa orang tua murid juga tidak memiliki akses ke aplikasi WhatsApp (WA), meskipun sekolah telah berusaha membuat grup melalui WhatsApp (WAG) untuk kelas tinggi, yang berjalan dengan baik. Namun, metode ini tidak terlalu efektif untuk kelas rendah.
References
Al-Fathoni, B. Z. (2020). Enhancing Teacher Competence In Implementing The Independent Learning Curriculum: The Role Of Change Management. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 38–55.
Citraningsih, D., & Wiranata, R. R. S. (2022). Analisis SWOT pembelajaran daring era pandemi covid-19 pada sekolah dasar. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 22(1), 21–40.
Diana Kozlova, M. P. (2021). The Use of ICT in Higher Education from the Perspective of the University Students. Prcocedia Computer Science, 192, 2309–2317. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.08.221
Faqih, N. I. H. (2020). Peran Lembaga Filantropi Islam Dalam Menanggulangi Turbulensi Ekonomi Masyarakat Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Ilmu Ekonomi Islam, 4(1).
Habibah, R. S., Ruhimat, T., & Supriatna, M. (2019). Strategi Pembelajaran Multiliterasi Untuk Mengembangkan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Edusentris, 5(3), 155. https://doi.org/10.17509/edusentris.v5i3.302
Hadiapurwa, A., Riani, P., Yulianti, M. F., & Yuningsih, E. K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar untuk Membekali Kompetensi Generasi Muda dalam Menghadapi Era Society 5.0. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1). https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3140
Haryono, A., & Suprijono, A. (2021). Pengaruh Hybrid Learning Dalam Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Capaian Berpikir Kritis Siswa Di Sman 1 Lamongan. AVATARA: e-Journal Pendidikan Sejarah, 11(3).
Iswatiningsih, D. (2021). Guru dan Literasi Digital: Tantangan Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional.
Kemendikbud. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona. , Pub. L. No. 4 (2020).
Kiranawati, I. (2016). Pengaruh penerapan model blended learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 11 Bandung. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 4(1), 1–14.
Mu’Minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Stem Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(2012).
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Sridevi, K. B. (2020). Filling the quality gaps for a futuristic management education. Journal of Economic and Administrative Sciences, 2(2), 11–22.
Susilowati, N., Mahmud, A., & Sari, P. N. (2022). Communication Skill, Student Engagement and Self-Efficacy: Flow on Effect on Student Online Learning. Journal of Education Technology, 6(1).
Syakhrani, A. W. (2019). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. CBJIS : Cross-Border Journal of Islamic Studies, 1(2). https://doi.org/10.37567/siln.v1i2.90
Yusuf, M. (2017). Model Problem Based Learning Membangun. Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Shibyan Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.