Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melaui Penerapan Workshop
DOI:
https://doi.org/10.30999/shibyan.v1i1.2756Keywords:
Kemampuan Guru, RPP K-2013, Workshop.Abstract
Kenyataan yang ditemukan dewasa ini masih banyak dari para guru pada satuan pendidikan yang belum memiliki kemampuan yang memadai untuk menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Kurangnya kemampuan guru tersebut bisa dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu, kurangnya pemahaman guru tentang pentingnya perencanaan pembelajaran. Kurang optimalnya pelaksanaan kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam membimbing dan membina guru untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menyusun RPP Kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam PTS ini yaitu apakah dengan diterapkannya workshop mampu meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 di SDN Banjaran 02 Kecamatan Banjaran tahun pelajaran 2022-2023? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut maka menggunakan penelitian tindakan Sekolah (PTS) melalui workshop. Untuk itu dilakukan penelitian dengan subjek 5 orang guru SDN Banjaran 02 Kecamatan Banjaran. Pengambilan data menggunakan metode observasi, angket, tes tulis, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus memuat; perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penilaian kemampuan guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 antar siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru SDN Banjaran 02 dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 setelah diselenggarakannya workshop, peningkatan tersebut terlihat dari persentase nilai rata-rata pada siklus I yaitu 75.6% meningkat sebesar 7.27% pada nilai rata-rata pra tindakan yang persentasenya sebesar 68.4%. Sedangkan nilai rata-rata persentase pada siklus II yaitu 84.4% meningkat sebesar 8.72% pada nilai rata-rata siklus I yang persentasenya sebesar 75.6%.
References
Dwi Siswoyo, dkk. (2016). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Mulyasa. 2016. Kompetensi Profesional Guru. Jakarta: Rieneka Cipta .
Nazara, S. & Ahmad, A., (2019). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013. Al -Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 4(2), 112–122. https://doi.org/10.32505/azkiya.v4i2.1191
Notoatmojo. 2017. Workshop. Jakarta: Gramedia.
Nurmajaya, B. F. (2021). Kompetensi Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Pengabdian 3(11) 89-95
Pamungkas, J., Hayati, N., & Maryatun, I. B. (2016). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Paud Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 831–839. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12389
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. (2016). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. (2016). Supervisi Akademik Membina Profesionalisme Guru melalui Supervisi Klinis. Jakarta: Binamita Publishing.
Suprijanto, (2016). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.
Tilaar. (2016). Workshop dan Lokakarya. Jakarta: Gramedia.
Trianto. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Bandung: Citra Umbara, 2012.
Usman, Moh. Uzer. (2016). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yaumi, Muhammad (2016). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.
Herwansah, D., & Susanto, R. (2021). Analisis Kajian Keterkaitan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.33371
Mu’Minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Stem Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(2012), 1496. Diambil dari https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/219
Syaodih, E., Kurniawati, L., Handayani, H., Setiawan, D., & Suhendra, I. (2020). Pelatihan keterampilan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran sains anak usia dini. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 519–528.
Widyastuti, T. M., & Sakti, S. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Work Shop di TK Srawong Bocah Yogyakarta. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–64.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Shibyan Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.