Efektivitas Penggunaan Media Papan Musik (Multi Fungsi) Materi KPK dan FPB pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30999/shibyan.v1i2.2899Keywords:
Effectiveness, Media, Musi Board (Multi Function), KPK and FPBAbstract
Peserta didik kelas IV kesulitan memahami pelajaran matematika, salah satu kesulitan tersebut ada pada materi KPK dan FPB. Hal tersebut terjadi karena peserta didik kurang menguasai dasar dari matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, dan peserta didik juga masih bingung menentukan hasil dari KPK dan FPB. Oleh karen itu, perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran. Sehingga guru dan peserta didik harus berperan aktif dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan efektivitas peserta didik maka harus menggunakan media pembelajaran yang tepat salah satunya adalah Papan Musik (Multi Fungsi). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan observasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa di MI Miftahul Huda II Kota Palangka Raya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penggunaan media Papan Musik ini membuat peserta didik senang dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Efektivitas, Media, Papan Musik (Multi Fungsi), KPK dan FPB
References
Fitriah, E. N., Febriani, W. D., & Pratama, F. F. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi KPK dan FPB Menggunakan Alat Peraga Papan Multifungsi, 7, 16904–16911.
Herawati, T., Gaol, L., Sinaga, R., Sitepu, A., & Mahulae, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Multi Fungsi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Medan, 06(01), 4309–4317.
Jamaludin, U., Pribadi, A. R., & Aini, Q. N. (2023). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Akar Pangkat Dua (PAKATA) di Kelas V SDN Karyajaya. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 3098–3110.
Khairiyah, U. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.53627/jam.v5i2.3476
Maryani, U. S., Bistari, B., Halidjah, S., Kartono, K., & Pranata, R. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing pada Materi FPB dan KPK Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 475–491. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i2.3005
Mufidah, N. A., & Amir, M. F. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Dakonmatika Berbasis Teknologi Visual. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(02), 99–107. Diambil dari http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 317–328. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5935
Rahmadhani, E., Wahyuni, S., & Mandasari, L. (2021). Pendampingan Pembuatan Alat Peraga dan Permainan Matematika dari Barang Bekas untuk Menciptakan Matematika yang Menyenangkan bagi Siswa. Jurnal Abdidas, 2(2), 168–175. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.244
Rahmayanti, N., Yonanda, D. A., & Kurino, Y. D. (2021). Penggunaan Media Papan Musi ( Multifungsi ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(1), 118–122.
Ramdhania, S., Nisa’, S., Istiqfaroh, N., & Syaria, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Materi FPB & KPK melalui Media Pembelajaran Papan Musi pada Siswa Kelas IV di SDN Damarsih Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(3), 205. https://doi.org/10.19184/jipsd.v9i3.32444
Sari, L. Y., Subekti, E. E., & Wardana, Y. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pemecahan Masalah Matematika Materi KPK dan FPB Kelas IV SD. Jurnal Sekolah PGSD, 21(1), 1–9. Diambil dari http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Siregar, L. F., & Hasanah, H. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Matematika Papan Musi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi KPK Dan FPB di Kelas V SD Negeri 064986 Medan Amplas. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 7(2), 191–198. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i2.1909
Subkan, A., & Winarno, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika melalui Aplikasi Powtoon di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahut Thulab Brambang Karangawen. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(2), 178–194. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.6129
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, T. Y. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2), 1–23.
Tazkiah, D., & Unaenah, E. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep FPB dan KPK Dengan Pendekatan Rme Kelas 4 Sekolah Dasar National Global School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 5118–5124.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Shibyan Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.