Pembelajaran Berbasis Islam Untuk Memperbaiki Tingkah Laku Peserta Didik SDI Al-Aziziyah Dalam Pandangan Filsafat Perenialisme
DOI:
https://doi.org/10.30999/shibyan.v1i2.2963Abstract
Filsafat perenialisme adalah suatu cara berpikir untuk menanamkan dalam diri peserta didik nilai-nilai yang kuat dan abadi tentang kebaikan manusia dan mengamalkan kehidupan bermoral dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran agama salah satu cara atau fondasi utama untuk membentuk pribadi yang baik, menjadikan seseorang yang baik, dan dapat diterima oleh lingkungan dan nilai-nilai luhur yang sesuai dengan ajaran agama. Di era modern, tingkat kesopanan generasi muda mulai menurun yang salah satunya disebabkan oleh kurangnya pemahaman agama, dengan pembelajaran berbasis agama akan memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkah laku peserta didik, membentuk landasan moral dan etika sesuai ajaran agama. Melalui ajaran-ajaran seperti akhlak, kedisiplinan, dan kesopanan. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis Islam dalam memperbaiki tingkah laku peserta didik di SDI Al Aziziyah. Hasil dari penelitian yang didapatkan adalah, adanya perubahan tingkah laku terhadap peserta didik menjadi lebih baik melalui penerapan pembelajaran berbasis Islam seperti pembiasaan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah halus, melaksanakan salat dhuha sebelum masuk kelas, hafalan juz amma, serta pembelajaran khusus budi pekerti 1 kali setiap minggu dengan pembelajaran berbasis IsIam ini menunjukkan adanya perubahan tingkah laku peserta didik menjadi lebih sopan, disiplin, dan berakhlakul karimah setiap harinya.
Kata Kunci: Pembelajaran Islam, Perenialisme, Tingkah Laku, Peserta Didik
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Shibyan Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.