IMPLEMENTASI METODE DAKWAH PADA PROGRAM AYO MENGAJI DI TV HARMONI.COM/RADIO LITA FM CIMAHI
DOI:
https://doi.org/10.30999/lantera.v1i1.2496Keywords:
Metode, Komunikasi, DakwahAbstract
Penelitian ini bertujuan: Pertama, mengidentifikasi metode komunikasi dakwah yang dilaksanakan pada program ayo mengaji di TV Harmoni.Com/Radio Lita Fm. Kedua, mengidentifikasi bagaimana implementasi metode komunikasi dakwah yang dilaksanakan pada program ayo mengaji di TV Harmoni.Com/Radio Lita Fm. Ketiga, Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi metode komunikasi dakwah yang pada program ayo mengaji di TV Harmoni.Com/Radio Lita Fm. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu kualitatif dengan metode secara deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian, Pertama, metode dakwah yang digunakan dalam Ayo Mengaji Di TV Harmoni.Com/Radio Lita Fm Cimindi Bandung yaitu metode dakwah Bil´lisan dan Metode Dakwah Mujadalah Billati Hiya Ahsan. Kedua, Proses Implementasi metode dakwah dalam Program Ayo Mengaji di TV Harmoni.Com/Radio Lita Fm da´i/penyiar menjelaskan materi secara langsung dengan baik serta membuka tanya jawab dan diskusi interaktif baik secara langsung lewat kolom komentar di Facebook, Instagram, Youtube, Web maupun secara tidak langsung seperti di Group WhatsApp. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode dakwah dalam Program Ayo Mengaji secara terperinci didukung dengan fasilitas radio yang mumpuni baik dari segi peran dan fungsinya yang memiliki daya langsung, daya tembus dan daya tarik yang sangat baik dalam proses melaksanakan syiar dakwah. Adapun hambatannya, dalam proses menyampaikan dakwah da´i/Penyiar mengalami komunikasi yang kurang terjalin dengan baik (Kurang efektif) baik dari segi waktu yang relatif singkat, internet yang kadang putus baik karena mati lampu atau wifi yang mengalami gangguan, begitu pun dengan audiens yang mengalami keterbatasan internet sehingga berpengaruh terhadap tingkat pemahaman materi yang diterima oleh mad´u-nya.
Keywords:
References
Addini, A. (2019). Fenomena Gerakan Hijrah di Kalangan Pemuda Muslim Sebagai Mode Sosial. Journal of Islamic Civilization, 1(2), 109–118. https://doi.org/10.33086/jic.v1i2.1313
Aldreka, R., & Rachmat Effendi. (2022). Pemikiran Dakwah Dr. (Hc). Kh. Ez. Muttaqien Tentang Politik, Sosial Ekonomi, dan Pendidikan. Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsibc.v2i1.1304
Arifin, A. (1984). Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Armico.
Difika, F. (2016). Dakwah Melalui Instagram (Studi Analisis Materi Dakwah Dalam Instagram Yusuf Mansur, Felix Siauw, Aa Gym, Arifin Ilham). Walisongo Respository.
Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Remaja Rosdakarya.
Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Gaung Persada.
Munawara, M., Rahmanto, A., & Satyawan, I. A. (2020). Pemanfaatan Media Digital untuk Dakwah Pesantren Tebuireng. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14(1). https://doi.org/10.24090/komunika.v14i1.3226
Rakhmat, J. (2014). Metodologi Penelitian Komunikasi. Remaja Rosda Karya.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Lantera Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.