STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH USTAZ MARZUKI IMRON (USTAZ NARUTO) DI YOUTUBE
DOI:
https://doi.org/10.30999/lantera.v1i1.2499Keywords:
Communication Strategy, Da'wah, YouTubeAbstract
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui komunikasi interpersonal Ustaz Marzuki Imron (Ustaz Naruto) dalam berdakwah, strategi dakwah di Youtube sebagai media dakwah bagi Ustaz Marzuki Imron. Serta tanggapan penonton video dakwah Ustaz Marzuki Imron yang beredar di platform Youtube. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Penerapan komunikasi interpersonal ustaz Marzuki Imron (ustaz Naruto) dalam berdakwah yaitu dengan menggunakan media Youtube dan kostum seperti Naruto agar mudah dikenali oleh pendengarnya secara karakteristik maupun kepribadian ustaz Naruto.Kedua, Peranan Youtube sebagai media dakwah ustaz Naruto menjadi salah satu faktor berkembangnya penilaian pendengar dakwah khususnya pendengar ustaz Naruto dalam mengakses video dakwah beliau, dan media Youtube menjadi sarana dalam mengenalkan dan menyebar luaskan dakwah ustaz Naruto. Ketiga, Tanggapan penonton video dakwah Ustaz Marzuki Imron yang beredar di platform Youtube menunjukkan banyak respon yang positif. Respon-respon tersebut menunjukkan bahwa berdakwah dengan menggunakan pendekatan karakter fiksi dalam serial animasi Naruto dapat berjalan dengan baik.
Kata Kunci: Strategi Komuniasi, Dakwah, YouTube
References
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayun, P. Q. (2016). Penggunaan Instant Messanger Dan Komunikasi Interpersonal Remaja. Jurnal Ilmu Sosial, 15(2), 111–120.
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143, 32–49.
Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D., & Rakhmat, J. (1990). Komunikasi antarbudaya. Remaja Rosdakarya.
Nabilah, A. N. (2019). Intonasi Ceramah Ustaz Marzuki Imron. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Nurdin, A., Moefad, A. M., Zubaidi, A. N., & Harianto, R. (2013). Pengantar ilmu komunikasi. IAIN Sunan Ampel Press.
Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam perspektif teori dan praktik. Deepublish.
PASANGKAYU, W. S., & RASIDO, K. (n.d.). PERANAN DAKWAH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ANAK DI RUMAH TAHFIZH.
Pontoh, W. P. (2013). Peranan komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan pengetahuan anak. Acta Diurna Komunikasi, 2(1).
Rahayu, L. R., & Lesmana, P. S. W. (2020). Potensi Peran Perempuan dalam mewujudkan moderasi beragama di Indonesia. Pustaka, 20, 31–37.
Rakhmat, J. (2011). Psikologi komunikasi.
Riska, M. M. (2021). Komunikasi Interpersonal Dalam Dakwah Gus Hary Di Forum Anak Jalanan Insyaf Mengaji. IAIN Purwokerto.
Rizky, R. N., & Moulita, M. (2017). PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA PADA ANAK. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 206–219.
Sakdiah, H. (2016). Komunikasi interpersonal sebagai strategi dakwah rasulullah (perspektif psikologi). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 15(30), 1–13.
Salim, A. (2016). Pengaruh Game Online terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Siska, S., & Purnamaningsih, E. H. (2003). Kepercayadan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa. Universitas Gadjah Mada. Jurnal Psikologi, 2.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Tutiasri, R. P. (2016). Komunikasi Dalam Komunikasi Kelompok. Jurnal Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 4(1).
Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi dalam organisasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 115–126.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Lantera Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.