STRATEGI DAKWAH USTAZ ADE SYAMSUDIN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI
DOI:
https://doi.org/10.30999/lantera.v1i1.2500Keywords:
Da'wah Strategy, Ustaz Ade Syamsudin, Santri MoralsAbstract
Dakwah merupakan suatu rangkaian kegiatan atau proses dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan ini dimaksud untuk memberikan arah atau pedoman bagi gerak langkah kegiatan dakwah. Sejalan pengertian dakwah bahwa dakwah merupakan usaha untuk menyeru, mendorong, dan mengajak seseorang dan seluruh umat manusia untuk berbuat amar ma’ruf nahi munkar, dengan berbagai macam cara dengan tujuan untuk mencapai kebahagiaan kehidupan di dunia dan di akhirat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : Bagaimana Strategi Ustaz Ade Syamsudin Dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Mu’min Garut? Penelitian ini menggunakan analaisis deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dimana hasil pengumpulan data dalam hal ini Observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini bahwa Strategi Ustaz Ade Syamsudin Dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Mu’min Garut menggunakan 3 strategi yaitu sentimentil, indrawi dan keteladanl. Dalam setiap dakwahnya Ustaz Ade Syamsudin selalu menyisipkan materi-materi yang dialami para santri, sehingga banyak dari mereka yang tergerak untuk mendengarkan siraman rohani Ustaz Ade Syamsudin.
Kata Kunci: Strategi Dakwah, Ustaz Ade Syamsudin, Akhlak Santri
References
Abbas, B. (2021). Kedudukan Dakwah Dan Amar Ma ’ ruf Nahi Munkar Dalam Ajaran Agama Islam. Jurnal STAI, 1(1).
Anwar, S., & Rosyad, R. (2021). Pemikiran dan Aplikasi Teologi Lingkungan di Pesantren Cicalengka Kabupaten Bandung. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(2). https://doi.org/10.15575/jis.v1i2.11793
Aziz. (2004). Filsafat Dakwah. Rajawali Press.
Aziz, R. (2015). Urgensi Peta Dakwah. Jurnal Anida, 14(2).
Fakhrurrozi. (2017). Model-Model Dakwah di Era Kontemporer: Strategi Merestorasi Umat Menuju Moderasi dan Deradikalisasi. LPM UIN Mataram.
Laily, A. (2008). Aqidah dan Akhlak (Pustaka (Trans.)).
Mahmud, A. (2010). Komunikasi Dakwah. Remaja Rosdakarya.
Mahmud, A. A. H. (2004). Akhlak Mulia. Gema Insani Press.
Maiti, & Bidinger. (1983). Asmuni Syukir,. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, 53(9).
Rakhmawati, Y. (2019). Metode Penelitian Komunikasi. In Simbiosa Rekatama Media (Vol. 1). Routledge.
Sakdiah, H. (2017). Komunikasi Interpersonal sebagai Strategi Dakwah Rasulullah (Perspektif Psikologi). ALHADHARAH, 15(30). https://doi.org/10.18592/alhadharah.v15i30.1219
Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Mitra Wacana Media.
Syukir, A. (1983). Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Al-ikhlas.
Yun Masfufah, A. ’. (2019). Dakwah Digital Habib Husein Ja’far Al Hadar. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 20(2).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Lantera Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.