STRATEGI DAKWAH USTAZ ADE SYAMSUDIN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI

Authors

  • Maki Muhtar Fauzi Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Irfan Nugraha STAINU Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/lantera.v1i1.2500

Keywords:

Da'wah Strategy, Ustaz Ade Syamsudin, Santri Morals

Abstract

Dakwah merupakan suatu rangkaian kegiatan atau proses dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan ini dimaksud untuk memberikan arah atau pedoman bagi gerak langkah kegiatan dakwah. Sejalan pengertian dakwah bahwa dakwah merupakan usaha untuk menyeru, mendorong, dan mengajak seseorang dan seluruh umat manusia untuk berbuat amar ma’ruf nahi munkar, dengan berbagai macam cara dengan tujuan untuk mencapai kebahagiaan kehidupan di dunia dan di akhirat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : Bagaimana Strategi Ustaz Ade Syamsudin Dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Mu’min Garut? Penelitian ini menggunakan analaisis deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dimana hasil pengumpulan data dalam hal ini Observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini bahwa Strategi Ustaz Ade Syamsudin Dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Mu’min Garut menggunakan 3 strategi yaitu sentimentil, indrawi dan keteladanl. Dalam setiap dakwahnya Ustaz Ade Syamsudin selalu menyisipkan materi-materi yang dialami para santri, sehingga banyak dari mereka yang tergerak untuk mendengarkan siraman rohani Ustaz Ade Syamsudin.

Kata Kunci: Strategi Dakwah, Ustaz Ade Syamsudin, Akhlak Santri

References

Abbas, B. (2021). Kedudukan Dakwah Dan Amar Ma ’ ruf Nahi Munkar Dalam Ajaran Agama Islam. Jurnal STAI, 1(1).

Anwar, S., & Rosyad, R. (2021). Pemikiran dan Aplikasi Teologi Lingkungan di Pesantren Cicalengka Kabupaten Bandung. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(2). https://doi.org/10.15575/jis.v1i2.11793

Aziz. (2004). Filsafat Dakwah. Rajawali Press.

Aziz, R. (2015). Urgensi Peta Dakwah. Jurnal Anida, 14(2).

Fakhrurrozi. (2017). Model-Model Dakwah di Era Kontemporer: Strategi Merestorasi Umat Menuju Moderasi dan Deradikalisasi. LPM UIN Mataram.

Laily, A. (2008). Aqidah dan Akhlak (Pustaka (Trans.)).

Mahmud, A. (2010). Komunikasi Dakwah. Remaja Rosdakarya.

Mahmud, A. A. H. (2004). Akhlak Mulia. Gema Insani Press.

Maiti, & Bidinger. (1983). Asmuni Syukir,. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, 53(9).

Rakhmawati, Y. (2019). Metode Penelitian Komunikasi. In Simbiosa Rekatama Media (Vol. 1). Routledge.

Sakdiah, H. (2017). Komunikasi Interpersonal sebagai Strategi Dakwah Rasulullah (Perspektif Psikologi). ALHADHARAH, 15(30). https://doi.org/10.18592/alhadharah.v15i30.1219

Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Mitra Wacana Media.

Syukir, A. (1983). Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Al-ikhlas.

Yun Masfufah, A. ’. (2019). Dakwah Digital Habib Husein Ja’far Al Hadar. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 20(2).

Published

2022-12-22

Citation Check