METODE KOMUNIKASI INTERPERSONAL: STUDI KASUS PEMBINAAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN AS-SYUHADA BABAKAN CIWARINGIN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.30999/lantera.v1i1.2510Keywords:
Guidance of Akhlakul Karimah, Students, Pondok Pesantren.Abstract
Pondok Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang mempunyai peran penting bagi para santri guna membangun akhlak. Untuk memiliki akhlak yang baik diperlukan latihan-latihan serta pembinaan yang baik pula, sehingga dari latihan yang biasa mereka jalani setiap harinya, para santri mampu menanamkan pesan-pesan moral yang terkandung dalam pembinaan akhlakul karimah di Pondok Pesantren. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui metode pembinaan akhlakul karimah santri, (2) Mengetahui pembinaan akhlaqul karimah, (3) Mengetahui hasil komunikasi interpersonal kiai dengan santri dalam pembinaan akhlakul karimah. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian yaitu: (1) Metode yang digunakan dalam pembinaan akhlakul karimah santri dengan menggunakan beberapa metode, yaitu: metode keteladanan, metode latihan dan pembiasaan, metode pembelajaran yang digunakan adalah metode Bandongan. (2) Setiap santri wajib melakukan kegiatan intensif madrasah diniyah, salat berjamaah, tradisi aswaja, organisasi santri. (3) Di dalam pelaksanaan kegiatan, tentunya terdapat kendala-kendala, antara lain: kurangnya kesadaran santri dalam mengikuti kegiatan, kemudian pada waktu kegiatan biasanya terdapat pengajar yang berhalangan hadir, dan banyaknya santri yang sering mengulang kesalahan-kesalahan yang sama, walaupun sudah diberikan teguran dan hukuman.
Kata Kunci: Pembinaan Akhlakul Karimah, Santri, Pondok Pesantren
References
Al-Attas, S. M. A.-N. (1992). Konsep Pendidikan dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam (IV). Mizan.
Anshari, E. S. (1987). Ilmu, Filsafat dan Agama. Bina Ilmu.
Anwar, S., & Rosyad, R. (2021). Pemikiran dan Aplikasi Teologi Lingkungan di Pesantren Cicalengka Kabupaten Bandung. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(2). https://doi.org/10.15575/jis.v1i2.11793
British Library. (2015). Albert Mehrabian: nonverbal communication thinker. Business and Management.
Bukley, L. A. (1980). Paradigm for Psycho_pathology. A Contribution to Case History Analysis. Lippencott Company.
Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Karisma Publishing Group.
DeVito, J. a. (2008). The Interpersonal Communication Book. PsycCRITIQUES, 32.
Hartono, R. (2016). Pola Komunikasi di Pesantren : Studi tentang Model Komunikasi antara Kiai, Ustadz, dan Santri di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.22515/balagh.v1i1.60
Kuntowijoyo. (2007). Islam Sebagai Ilmu. Tiara Wacana.
Kuswarno, E. (2013). Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi. Widya Padjajaran.
Langgalung, H. (1986). Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan. Pustaka al-Husna.
Maksum. (1999). Madrasah Sejarah dan Perkembangan. Logos Wacana.
Mead, G. H. (1934). Mind, Self, and Society. Chicago Press.
Muslimin, K., & Umam, K. (2019). Komunikasi Interpersonal Antara Kiai Dan Santri Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah di Pondok Pesantren Al- Mustaqim Bugel. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 11(1). https://doi.org/10.34001/an.v11i1.934
Purnamaningsih, E. H. dkk. (2003). Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di UKRIM Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 2(2), 67–71.
Rakhmat, J. (2014). Metodologi Penelitian Komunikasi. Remaja Rosda Karya.
Rogers, C. (1951). Client-Centered Therapy: Its Current Practice, Implications and Theory. Constable.
Sari, S. R., & Dewi, S. (2019). The correlation between effective interpersonal communication and students’ academic achievement. Journal of Education and Learning, 13(2).
Syaodih, S. dan N. (2007). Metode Penelitian Pendidikanm. Rosdakarya.
Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1).
Yusof, N. M., Rahman, S. S. A., & Yusoff, R. M. (2020). The influence of interpersonal communication on student engagement in higher education. Journal of Education and E-Learning Research, 7(2).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Lantera Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.