DAKWAH DAN DIGITAL CULTURE Membangun Komunikasi Dakwah di Era Digital

Authors

  • Aang Ridwan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/lantera.v1i1.2526

Keywords:

Dakwah Islam, Era Digital, Media Teknologi, Media Sosial, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami: (1) Kebutuhan praktik dakwah di era digital; (2) Perubahan yang diperlukan terkait strategi dan metode untuk efektivitas dakwah di era digital; dan (3) Penentuan media yang tepat untuk dakwah di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif-analitik yang berfokus pada kajian berbagai literatur dan fenomena dakwah kontemporer. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan triangulasi untuk pengecekan dan pendalaman kajian. Hasil studi ini menunjukkan bahwa: (1) Dakwah Islam merupakan kegiatan penting yang harus terus dijalankan untuk memenuhi kebutuhan informasi dan pengajaran agama masyarakat digital yang rentan mengalami kekeringan spiritual, dekandensi nilai dan moral, ataupun perubahan perilaku dan budaya hidup yang menjauh dari ajaran Islam; (2) Praktik dakwah harus menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang ada serta kecenderungan baru masyarakat yang muncul di era digital tersebut, terutama dengan melakukan perubahan strategi dan metode dakwah yang lebih efektif; dan (3) Penggunaan media-media teknologi untuk kepentingan dakwah harus mempertimbangkan karakteristik dan keterbatasan media, jenis pengguna, serta kepentingan apa yang ingin dicapai dari penggunaan media tersebut. Hasil studi ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang adaptasi yang diperlukan untuk praktik dakwah di era digital.

Keywords: Dakwah Islam, Era Digital, Media Teknologi, Media Sosial, Teknologi Informasi dan Komunikasi

References

Ahmad, A. (2010). Da’wah: The contemporary Challenges. Insights, 3(2), 5–14.

Ali, M. (2021). The Impact of Social Media for the Development of Da’wah in Indonesia. Religia, 24(1), 22–33.

Arifin, F. (2019). Rethinking Dakwah Model in the Fourth Industrial Revolution for Digital Native Generation. Jurnal Dakwah, 20(1), 27–49.

Arifuddin. (2016). Dakwah Through Internet: Challenges and Opportunities for Islamic Preachers In Indonesia. Ar-Raniry International Journal of Islamic Studies, 3(1), 161–188.

Boyd, D., & Ellison, N. B. (2007). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal for East European Management Studiesof Computer-Mediated Communication, 13, 210–230.

Briandana, R., Doktoralina, C. M., Hassan, S. A., & Wan Hasan, W. N. (2020). Da’wah Communication and Social Media: The Interpretation of Millennials in Southeast Asia. International Journal of Economics and Business Administration, 8(1), 216–226.

Davis, J. L. (2015). Social Media. In G. Mazzoleni (Ed.), The International Encyclopedia of Political Communication (pp. 1–8). John Wiley & Sons, Ltd.

Ermayani, T., Nurhadi, R., & Masykuri, E. S. (2020). The Problems of Digital Da’wah during the Covid-19 Pandemic. BIS-HSS, 11(18), 1–7.

Kushardiyanti, D. (2021). Tren Konten Dakwah Digital oleh Content Creator Milenial Melalui Media Sosial Tiktok di Era Pandemi Covid-19. Orasi, Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 97–114.

Łobejko, S. (2020). Digital transformation and innovativeness of enterprises. Optimum. Economic Studies, 2(100), 36–46. https://doi.org/10.15290/oes.2020.02.100.03

Maghfirah, F., Andriani, F., & Mirzal, H. (2021). Social Media as a Medium of Da’wah: Religious Transformation among Online Da’wah Audience on TikTok Platform. Lentera, Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 5(1), 81–104.

Murtadho, A. (2017). The Empowerment of Social Media for Da’wah in Medan City. IOSR Journal of Humanities and Social Sciences, 22(4), 86–93.

Pimay, A., & Niswah, U. (2021). The Urgency of E-Da’wa in The Digital Age. Lentera, Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 5(2), 149–163.

Rakhmawati, I. (2013). Potret Dakwah di Tengah Era Globalisasi dan Perkembangan Zaman. At-Tabsyir, Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 75–92.

Rakhmawati, I. (2014). Challenges of Da’wah in the Era of Globalization. Addin, 2(2), 78–90.

Roosvall, A. (2016). Religion, Globalization and Commodification in Online World News Slideshows: the Dis/connection of Images and Texts. Social Semiotics, 26(1), 76–93.

Slama, M. (2017). Social Media and Islamic Practice: Indonesian Ways of Being Digitally Pious. In E. Jurriens & R. Tapsell (Eds.), Digital Indonesia: Connectivity and Divergence (pp. 146–162). ISEAS Publishing.

Sule, M. M., & Sulaiman, Y. (2021). Enhancing Da’wah and Spread of Knowledge via Social Media Platforms. Peuradeun, The Indonesian Journal of the Social Sciences, 9(1), 145–160.

Thaib, E. J. (2019). Da’wa, Social Media and Challenge the Mainstream of Islam among Millennial Generation. Proceedings of International Conference on Da’wa and Communication, 101–109.

Torok, R. (2016). Social Media and the Use of Discursive Markers of Online Extremism and Recruitment. In Combating Violent Extremism and Radicalization in the Digital Era (pp. 31–35). IGI Global.

Weng, H. W. (2019). On-Offline Dakwah: Social Media and Islamic Preaching in Malaysia and Indonesia. In K. Radde-Antweiler & X. Zeiler (Eds.), Mediatized Religion in Asia, Studies on Digital Media and Religion (pp. 89–104). Routledge.

Zainab, S., Muslim, N., & Azis, A. (2019). Da’wa Practices and it’s Challenges in Contemporary Era (Case Study in Kotawaringin Timur Regency, Indonesia). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 34–47.

Published

2022-12-23

Citation Check