PERAN PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Penelitian Kualitatif di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.30999/medinus.v18i2.1259Abstract
Pesantren memiliki peran yang sangat besar di dalam masyarakat, yaitu sebagai lembaga tafaqquh fi al-din dan lembaga sosial kemasyarakatan. Penelitian ini mencoba untuk menjelaskan bagaimana peran pondok pesantren Al-Ittifaq dalam dalam mengembangkan pendidikan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Pondok pesantren Al-Ittifaq merupakan salah satu pesantren agribisnis yang berbasis masyarakat. Pesantren ini berada di desa Alam Endah kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung Jawa Barat. Melalui pendekatan kualitatif ditemukan peran pesantren ini dalam membantu mengembangkan pendidikan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan telah diakui berbagai pihak, baik swasta maupun pemerintah.
References
Amin Haedari.2006.”Transformasi Pesantren”Jakarta, Media Nusantar
Sugiyono.2014.”Metode Penelitian Manajemen”Bandung, Alfabeta
Tim Pekapontren. 2004.”Potensi Ekonomi Pondok Pesantren” Departemen Agama Republik Indonesia
Bogdan Robert C, Biklen Sari Knop.1992.”Qualitative for Education an introduction to Theory Methods. Boston London Sydney-Toronto : Allyn and Bacon
Moleong, LJ. 2014. “Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.”Bandung: Rosda
Ali Aziz. 2005.”Pesantren dan Pengembangan Ekonomi Umat-Manajemen Pesantren”. Yogyakarta, Pustaka Pesantren
Nurhattati Fuad. 2010. “Pendidikan Berbasis Masyarakat : Studi Kasus di Pesantren Al-Ittifaq Bandung”Jurnal Edukasi Kemenag. Volume 8, No 3, Desember 2010
Downloads
Published
2021-06-19
How to Cite
Almadani, D. A. F. (2021). PERAN PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Penelitian Kualitatif di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Bandung). Media Nusantara, 18(2), 167–174. https://doi.org/10.30999/medinus.v18i2.1259
Issue
Section
Artikel