Penerapan Pendekatan Problem Based Learning di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung Kabupaten Bandung

Penulis

  • Ayi Najmul Hidayat Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Lina Herlina

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v17i1.1250

Abstrak

Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung Kabupaten Bandung masih kurang mendorong siswa lebih aktif, pembelajaran disajikan dengan metode yang konvesional dan cenderung kurang mengaktifkan siswa. Tujuan umum penelitian ini adalah ingin mengetahui penerapan pendekatan Problem Based Learning di MAN 1 Bandung Kabupaten Bandung. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, metodenya studi kasus, teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa perencanaan, pelaksanaan dan penilaian telah dilakukan oleh guru MAN 1 Bandung Kabupaten Bandung. Rekomendasi untuk guru-guru agar lebih kreatif, inisiatif, inovatif, dan produktif. 

Referensi

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2016).

Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan.

Eggen, Paul, Kauchak (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajar Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta : Indek.

Dodi Dahnus. (2014). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi Menggunakan Authentic Assessment dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan

Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X. Tesis, UPI Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-19

Cara Mengutip

Hidayat, A. N., & Herlina, L. (2021). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung Kabupaten Bandung. Media Nusantara, 17(1), 133–142. https://doi.org/10.30999/medinus.v17i1.1250

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check