ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENILAIAN PENDIDIKAN TINGGI VOKASI DIPLOMA/ AKADEMI PADA PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBANGUNAN SDM 4.0
Abstrak
Tulisan ini sangat penting untuk memaparkan ketercapaian pendidikan lulusan pendidikan tinggi vokasi dalam mencapai pembangunan nasional dibidang sumber daya manusia. Tujuan penelitian adalah memberikan paparan lengkap mengenai kurikulum dan penilaian pendidikan tinggi vokasi diploma/ akademi dan pelaksanaannya dalam pembangunan profesionalitas SDM. Pendidikan Vokasi menurut Undang-undang Perguruan Tinggi nomor 12 Tahun 2012 penjelasan pasal 16 ayat 1 adalah pendidikan yang menyiapkan Mahasiswa menjadi profesional dengan keterampilan/kemampuan kerja tinggi. Kurikulum pendidikan tinggi vokasi disiapkan bersama dengan Masyarakat profesi dan organisasi profesi yang bertanggung jawab atas mutu layanan profesinya agar memenuhi syarat kompetensi profesinya. Tulisan ini bermaksud melaksanakan analisa pengembangan kurikulum dan penilaian pendidikan tinggi vokasi sesuai dengan pencapaian pembangunan SDM di era Revolusi Industri 4.0. Berdasarkan kajian berbagai sumber dan studi literatur, diperlukan pengembangan kurikulum pendidikan vokasi yang sesuai dengan kompetensi SDM di era revolusi industri 4.0 dan relevan menjawab kebutuhan keterampilan baru, seperti kemampuan membuat dan mengelola sistem berteknologi informasi. Kurikulum vokasi perlu menerapkan pembelajaran terintegrasi luring dan daring (blended learning).