ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENILAIAN PENDIDIKAN TINGGI VOKASI DIPLOMA/ AKADEMI PADA PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBANGUNAN SDM 4.0

Penulis

  • Iwan Satriyo Nugroho Iwan Satriyo Nugroho Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Abdussalam Abdussalam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama, Subang, Indonesia
  • Jiehad Akbar Pria Utama Jiehad Akbar Pria Utama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama, Subang, Indonesia
  • Moch Irwan Hermanto Moch Irwan Hermanto Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Budiman Budiman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama, Subang, Indonesia
  • Dila Sekar Arum Sari Dila Sekar Arum Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama, Subang, Indonesia

Abstrak

Tulisan ini sangat penting untuk memaparkan ketercapaian pendidikan lulusan pendidikan tinggi vokasi dalam mencapai pembangunan nasional dibidang sumber daya manusia. Tujuan penelitian adalah memberikan paparan lengkap mengenai kurikulum dan penilaian pendidikan tinggi vokasi diploma/ akademi dan pelaksanaannya dalam pembangunan profesionalitas SDM. Pendidikan Vokasi menurut Undang-undang Perguruan Tinggi nomor 12 Tahun 2012 penjelasan pasal 16 ayat 1 adalah pendidikan yang menyiapkan Mahasiswa  menjadi profesional dengan keterampilan/kemampuan kerja  tinggi. Kurikulum pendidikan tinggi vokasi disiapkan bersama  dengan Masyarakat profesi dan organisasi profesi yang  bertanggung jawab atas mutu layanan profesinya agar  memenuhi syarat kompetensi profesinya. Tulisan ini bermaksud melaksanakan analisa pengembangan kurikulum dan penilaian pendidikan tinggi vokasi sesuai dengan pencapaian pembangunan SDM di era Revolusi Industri 4.0. Berdasarkan kajian berbagai sumber dan studi literatur, diperlukan pengembangan kurikulum pendidikan vokasi yang sesuai dengan kompetensi SDM di era revolusi industri 4.0 dan relevan menjawab kebutuhan keterampilan baru, seperti kemampuan membuat dan mengelola sistem berteknologi informasi. Kurikulum vokasi perlu menerapkan pembelajaran terintegrasi luring dan daring (blended learning). 

Diterbitkan

2024-05-13

Cara Mengutip

Iwan Satriyo Nugroho, I. S. N., Abdussalam, A., Jiehad Akbar Pria Utama, J. A. P. U., Moch Irwan Hermanto, M. I. H., Budiman, B., & Dila Sekar Arum Sari, D. S. A. S. (2024). ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENILAIAN PENDIDIKAN TINGGI VOKASI DIPLOMA/ AKADEMI PADA PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBANGUNAN SDM 4.0. Media Nusantara, 21(1), 34–43. Diambil dari https://jurnal.uninus.ac.id/index.php/MediaNusantara/article/view/3133

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check