PROSES PENCIPTAAN NILAI (VALUE CREATION) PADA LEMBAGA PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.30999/medinus.v15i1.574Abstrak
Penciptaan nilai (value creation) merupakan spirit yang mendasari dinamika kehidupan organisasi yang visioner. Semua organisasi yang sukses dapat dipastikan berangkat dari pemahaman yang baik bahwa usaha yang dilakukan/ dikembangkannya itu adalah menciptakan nilai (to create value) bagi para pelanggan (customers), anggota/pekerja (employees), dan para pemilik/pemodal atau pemegang saham (shareholder). Ketiga kelompok ini saling mangkait kuat dan tak dapat dipisahkan, karenanya kepentingan masing-masing harus dipenuhi secara berimbang. Upaya membangun nilai yang memungkinkan suatu organisasi bertahan (sustain) tidak bisa dikenakan pada hanya satu pihak/ kelompok semata, melainkan hanya dapat diwujudkan apabila diupayakan secara utuh/menyeluruh pada tiga kelompok kepentingan tersebut. Proses penciptaan nilai setidaknya mencakup dua dimensi, yaitu: problem solving yang esensinya adalah apa-apa yang dilakukan organisasi sehingga membuahkan keuntungan (benefit) tertentu bagi para pemangku kepentingan; dan relationship experience yaitu bagaimana mewujudkannya hingga dapat membuahkan kepercayaan (confidence) berdasarkan hubungan yang bernilai.
Referensi
Kaplan, Robert S. & Norton, David P. 1996. Menerapkan Strategi Menjadi Aksi Balanced Scorecard (alih bahasa : Peter R. Yosi Pasla). Jakarta : Penerbit Erlangga.
Young, S. David, & O’Byrne, Stephen F..EVA & Manajemen Berdasarkan Nilai, Panduan Praktis untuk Implementasi (alih bahasa : Lusi Wijaya). Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
O’Malley, Paul. 1998. Value Creation and Business Success. Pegasus Communication Inc.
Alwi, John R.. 2012. Shareholder Value Creations dan Balanced Scorecard. Payne, Adrian. The Value Creation Process in Customer Relationship Management. Cranfi eld : Cranfi eld School of Management, Cranfi eld University,
Hartomo, Octavianus Digdo.2011. Keunggulan Operasional dan Penciptaan Nilai, Suatu Telaah Empiris, dalam : Dinamika Sosial Ekonomi Volume 7 Nomor 1 Edisi Mei 2011
Zamalludin, 2006. Analisis Model Penciptaan Nilai (Value Creation) Dengan Mempertimbangkan Perbaikan Proses Bisnis Untuk Meningkatkan Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan Di Pos Express PT Pos Indonesia. Bandung : Universitas Widyatama
Akses Internet :
http://forumbscindonesia.wordpress.com