Pengaruh Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Multijasa (Talangan Haji) Terhadap Peningkatan Minat Nasabah di Bank Panin Dubai Syariah KCU Bandung
DOI:
https://doi.org/10.30999/jsn.v1i2.2325Keywords:
Marketing Strategy, Interests, Islamic BankAbstract
Permasalahan dasar terkait strategi pemasaran produk ini adalah bahwa jumlah atau minat pelanggan di Bank Panin Dubai Syariah tidak stabil, bahkan sering mengalami penurunan setiap bulan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan pelanggan target setiap bank dalam hal pendapatan pelanggan mereka. Muncul pertanyaan besar, yaitu mengapa bisa ada ketidakstabilan dalam jumlah pelanggan antara pemasaran dan lamanya proses pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan setiap bulan. Untuk mengatasi masalah yang muncul, perlu ada perubahan atau evaluasi terhadap strategi pemasaran yang diterapkan saat memasarkan produk, di mana penelitian ini menganalisis menggunakan strategi Marketing Mix. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Bank Panin Dubai Syariah KCU Bandung yang masih aktif menggunakan produk pembiayaan multi-layanan (dana haji) dari tahun 2019-2021. Sampel dalam penelitian ini adalah 39 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang didistribusikan secara offline atau langsung kepada pelanggan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear sederhana, dan pengujian hipotesis dengan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 25.0. Hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: pertama, variabel strategi pemasaran memiliki pengaruh positif parsial terhadap peningkatan minat pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 <0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,137 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,026, sehingga 3,137 > 2,026. Dan yang kedua, berdasarkan hasil uji simultan, variabel x berpengaruh signifikan terhadap variabel y, sebagaimana dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 <0,05 dan dengan nilai F hitung sebesar 9,839 dan F tabel sebesar 4,11 yang berarti 9,839 > 4,11. Terakhir, variabel independen memengaruhi variabel dependen sebesar 21,0%, dan sisanya 79% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
References
Abdurrahman, Al-Jaziri. (2010) Kitab Shalat Fikih Empat Mazhab Mudah Memahami Fikih Dengan Metode Skema. Jakarta: Hikmah.
Abdurrahman, Nana Herdiana. (2016). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ainina, Wida. (2018). Minat Nasabah Menabung di Bank Syariah Mandiri Yogyakarta. Yogyakarta:Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Asnawi, Nur & Muhammad, Asnan Fanani. (2017). Pemasaran Syariah Teori, Filosof & Isu-Isu Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Al-Arif, Nur Rianto. (2019). Dasar-Dasar Pemasaran, edisi ke 3. Yogyakarta: Alfabeta.
Al-Bugha, M.D. (2010). Buku Pintar Transaksi Syariah. Jakarta: Hikmah.
Al-Habsy, M. Bagir. (1990). Fiqih Praktik. Bandung: Mizan.
Alwi, Hasan. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Andespa, Roni. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah. Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, Vol. 2, No. 1. Padang: Universitas Islam Negeri
Imam Bonjol. Juni 2017
Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Boone, Louis E. Kurtz, David L. 2008. Pengantar Bisnis Kontemporer, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Boyd, Harper W. (2000). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global edisi kedua jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Buchari, Alma. (2007). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Dagun, S.M. (2000) Kamus Besar Ilmu Pengetahun. Jakarta: LPKN.
Damayanti, Sisca. (2016). Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan dan Keamanan terhadap Minat Nasabah untuk Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang X. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, Vol. 9, No. 1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti.
Departemen Agama Republik Indonesia. (1983). Ilmu Fiqh I. Jakarta: Asona.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Shidqia Nusantara: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Shidqia Nusantara: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.