Analisis dan Perancangan Sistem Digitalisasi Sales Executive Pada Perusahaan Distribusi PT XYZ
DOI:
https://doi.org/10.30999/teknu.v4i1.2423Abstract
PT XYZ adalah perusahaan multinasional produsen produk consumer good yang didistribusikan oleh perusahaan cabang PT XYZ. Proses pendistribusian produk dilakukan oleh Sales Area ke saluran distirbusi Wholesaler, Modern Market dan Retail . Proses pendistribusian di area dilaksanakan secara langsung oleh Sales Executive dibawah kontrol Supervisor sales dan dipimpin seorang manajer area. Selama ini proses pendistribusian dilaksanakan dengan masnual dengan worksheet dan diinput secara manual. Saat ini perusahaan melakukan digitalisasi di bidang penjualan dengan melakukan upgrade teknologi dengan peralatan Hand Held di lapangan dan sistem penjualan yang diinput secara otomatis dengan sinkronisasi data di Kantor manajemen, Warehouse, Finance, Procurement maupun kantor penjualan. Perusahaan memerlukan standarisasi sistem dan proses bisnis sebagai acuan pelaksanaan digitalisasi di bidang penjualan. Penelitian ini mendesain 5 proses penjualan utama guna mendukung digitalisasi di bidang distribusi dan penjualan
©2022TN.Allrightsreserved.
References
Crandall, Richard E , Crandall, William E, Chen, Charlie C, 2015 ,Principles of Supply Chain Management, CRC Press Taylor & Francis Group, New York
Fredendall, Lawrence D., Hill Ed, 2001 , Basics of Supply Chain Management , The St. Lucie Press/ APICS Series on Resource Management , New York
Ginting, Rosnani, 2010, Perancangan Produk, Graha Ilmu, Yogyakarta
Jacob, F. Robert , Berry, William L. , Whybark, D. Clay , Vollmann, Thomas E., 2011 , Manufacturing planning and control for supply chain management-APICS CPIM, The McGraw-Hill Companies, Inc., New York
Mcleod, Raymod Jr, Schell George P., 2008, Sistem Informasi Manajemen, Edisi 10, Salemba Empat, Person Education
Royan, Frans. M, 2009 , Distributorship Management, Cara Cerdas Mengelola dan Memberdayakan Distributor secara Efektif, PT Gramedia, Jakarta
Suharno, Prof . Dr. , Sutarso, Yudi , 2010, Marketing In Practice, Graha Ilmu, Yogyakarta
Susanto, Dr. Azhar , M Bus, Ak Sistem Informasi Manajemen, 2007, Universitas Padjajaran.
Tanama Putri, Budi Rahayu Dr, 2017, Manajemen Pemasaran , Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Denpasar
Utami , Christina Widya , 2010, Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Ulrich, Karl T, Eppinger, Steven D, 2005,Perancangan dan Pengembangan Produk .