PEMBINAAN PRODUKSI TAPE KETAN HITAM ORGANIK SEBAGAI PELESTARIAN KULINER ETNIK LOKAL ORGANIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Authors

  • Iwan Satriyo Nugroho Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Rafika Ratik Srimurni Universitas Islam Nusantara, Indonesia

Keywords:

UMK , Tape ketan hitam organik, Lembaga Pemberdayaan Potensi Ekonomi Rakyat (LEMPPER), Pembinaan oleh UNINUS, Pengembangan produk turunan

Abstract

Unit Usaha Mikro Kecil (UMK) "Pangan Sehat Mandiri" yang dikembangkan oleh Lembaga Pemberdayaan Potensi Ekonomi Rakyat (LEMPPER) memproduksi tape ketan hitam organik. Tujuan jangka pendeknya adalah memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk kuliner sehat dan lezat. Sementara tujuan jangka panjangnya mencakup terciptanya kepuasan konsumen, lapangan kerja, lapangan berusaha, kerjasama yang saling menguntungkan dengan mitra binaan dan usaha, serta perubahan bentuk UMK menjadi Perseroan Terbatas (PT). Metode pelaksanaan yang diterapkan adalah penggunaan teknologi tepat guna dengan prinsip fermentasi sederhana menggunakan beras ketan hitam pilihan. Bahan baku utama diperoleh dari petani kelompok tani mitra binaan di Sumedang dan Subang. Proses produksi mencakup pemilihan bahan baku hingga pengemasan. Pengembangan sumber daya manusia dilakukan melalui pelatihan, terutama manajemen keuangan dan pemasaran. Keunggulan produk tape ketan hitam organik UMK antara lain aman untuk penderita diabetes dan lambung, serta memiliki tekstur lembut dan halus. Produk ini dapat dikembangkan menjadi berbagai produk turunan seperti eskrim, yoghurt, bolu, es goyobod, es puter, es doger, es teler, cocktail, dan sop buah. Universitas Islam Nusantara memberikan pembinaan kepada UMK yang dibina oleh LSM LEMPPER, meliputi bahan baku, produksi, manajemen, pemasaran, sumber daya manusia, dan keuangan.

References

A.Asnawi, Ilham Maulana Saud, Wiratmanto. (2017). Peningkatan Mutu Produk dan Pemasaran Olahan Ikan. Berdikari, Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks. Vol. 5 No. 1

Andreas, Kaplan M., Haenlein Michael (2010). "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media". Business Horizons 53 (1). p. 61.

H. Nugraha, F. Ariyanti, D. Wanto. (2017). Penerapan Branding Pada UKM Makanan Ringan Di Kabupaten Jepara. Jurnal Administrasi Bisnis. eISSN 2548-4923, pISSN 2252-3294. Vol. 6 no. 1, pp. 16-23

Hermawan Kartajaya. (2004). Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo. Kotler,

Philip dan Keller, (2007), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Leny Muniroh, Diah Yudhawati, Hurriyaturrohman. (2017). Pelatihan Pemasaran secara Online pada UMKM Tas Di Bojong Rangkas Ciampea Kabupaten Bogor. 2017. Prosiding LPPM UIKA BOGOR [S.l], p. 75-82. ISSN 2477-4014.

Muhamad Firdaus, Ahmad Habib, Sugiono. (2018). Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Produksi Serta Pemasaran Produk UKM (Studi Kasus UKM Keripik Pisang Dan Ketela Di Trawas Mojokerto). Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. ISBN:978-602-53170-2-6. Vol. 1 No. 1

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa…………………………………………………………………………………………… dst.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Iwan Satriyo Nugroho, I. S. N., & Rafika Ratik Srimurni, R. R. S. (2024). PEMBINAAN PRODUKSI TAPE KETAN HITAM ORGANIK SEBAGAI PELESTARIAN KULINER ETNIK LOKAL ORGANIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. TEKNOLOGI NUSANTARA, 3(1), 1–11. Retrieved from https://jurnal.uninus.ac.id/index.php/TEKNOLOGINUSANTARA/article/view/3157

Issue

Section

Artikel

Citation Check