PERANCANGAN APLIKASI PANDUAN FITNESS DENGAN METODE WATERFALL BERBASIS ANDROID PADA SMARTPHONE
Abstrak
Fitness adalah salah satu jenis olahraga pembentukan badan yang di gemari masyarakat pada segala usia. Akan tetapi banyak masyarakat yang melakukan fitness kurang mengetahui bagaimana teknik gerakan pada latihan fitness yang baik dan benar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka di rancang suatu aplikasi yang di harapkan dapat mengatasi permasalah tersebut, yaitu dengan merancang aplikasi my fitness berbasis android. Sistem operasi Android merupakan salah satu sistem operasi perangkat mobile yang sering di gunakan. Sistem operasi Android menyediakan platform terbuka bagi para penggunanya dalam pengembangan perangkat lunak yang dikembangkan.
Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode waterfall. Dengan tahapannya adalah analisis, perancangan, implementasi, serta pengujian. Pada tahapan analisis meliputi analisis kebutuhan sistem. Pada tahap desain atau perancangan meliputi sistem permodelan menggunakan model Unified Modelling Language (UML), dan pada tahap implementasi meliputi implementasi interface, serta pengujian. Penggunaan bahasa java sebagai bahasa pemrograman dan SQLite sebagai pengelola database.
Tujuannya adalah menghasilkan rancangan aplikasi my fitness dengan metode waterfall berbasis android pada smartphone.
Hasilnya adalah aplikasi panduan fitness sebagai panduan dalam melakukan fitness untuk pemula dalam memahami teknik gerakan fitness dan program latihan fitness.
Kata Kunci : Perancangan, Aplikasi, Fitness, Waterfall.
Referensi
Nuraeni, F. and Risdiani, I. (2016) ‘Perancangan Media Informasi Akademik Siswa Berbasis Android (Studi Kasus : SMPN 1 Sukahening Kabupaten Tasikmalaya)’, Jurnal VOI STMIK Tasikmalaya, 5(1), pp. 14–23.
Zahra, Amina (2017) ‘Rancang bangun sistem android’, 1(1), pp. 124–129.
Esabella, S. (2017) ‘Perancangan Aplikasi Surat Keterangan Tanda Lapor Kehilangan Pada Kantor Kepolisian Resor Sumbawa Berbasis Android’, Jurnal TAMBORA, 2(1), pp. 1–18. https://doi.org/10.36761/jt.v2i1.152.
Rizal, M. and Latifah, F. (2017) ‘Perancangan Aplikasi Lokasi Wisata Kota Jakarta Menggunakan Algoritma Sequential Search Berbasis Android’, None, 13(2), pp. 227–232.
Rianto, D.A., Assegaf, S. and Fernando, E. (2017) ‘Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (Sig) Lokasi Minimarket Di Kota Jambi Berbasis Android’, Jurnal Ilmiah Media SISFO, 9(2), pp. 295–304.
Agustian, Nurhadi, I. (2015) ‘Perancangan Aplikasi Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA) Berbasis Android’, Jurnal Ilmiah Media Processor, 10(2), pp. 570–581. Available at: http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/download/112/111/.
Dora et.al (2015) ‘Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method ( Lcm ) Berbasis Android’, Jurnal Informatika Global, 6(1), pp. 7–14.
Bastian, H.B., Arie S, M.L. and Sugiarso, B.A. (2016) ‘Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Komputer Berbasis Android’, Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 5(3), pp. 71–79.
Susanto, H., Widiartin, T. and rman Hadi Sukma Pratama, F. (2016) ‘Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android (E-Learning) Di Ma.Daruttaqwa Gresik’, 2(2), pp. 81–88.
Wuri wulandari, robby darwis nasution (2018) ‘Penerbitan artikel mahasiswa universitas muhammadiyah ponorogo’, Dampak Limbah Cair Industri Penyamakan Kulit Terhadap Pencemaran Lingkungan Sosial Di Kabupaten Magetan, 2, pp. 113–122.
Amaliyah, A. Soecipto et al. (2021) ‘Perancangan Aplikasi Absensi Pegawai Menggunakan Metode Waterfall’, 3, pp. 1–13.
Jimmy;, N.H. (2017) ‘Perancangan Aplikasi Mobile Repository Skripsi (Skripsi Alumni Mahasiswa) Stmik Ibbi Medan Berbasis Andorid’, Jurnal Ilmiah Core It, pp. 18–27.