PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN GEOGEBRA
DOI:
https://doi.org/10.30999/ujmes.v6i1.1735Keywords:
Cooperative learning model, TS-TS, TGT, Geogebra, mathematics learning.Abstract
References
Arhasy, E. AR. dan Heryani, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 1 (1), hlm.13-24.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Heleni, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIb SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), hlm. 41-51.
Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program Geogebra. Yogyakarta: Seminar FPMIPA UNY.
Minarto. (2017). Penggunaan Aplikasi Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat. e-jurnalmitrapendidikan, 1 (3), hlm. 1-9.
Nopiyani, dkk. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (2) hlm. 45-52.
Pradhana, V.G. dan Pramukantoro, J.A. (2013). Perbedaan Model Pembeljaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Teknik Digital. Jurnal Pendidikan Elektro, 2 (2), hlm. 661-668.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slavin, R.E. (2016). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Uyanto, S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Qohar, A. (2011). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis untuk Siswa SMP. Makalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 16 April 2016.