PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOMUNIKASI BAGI ANAK ASD (Autism Spectrum Disorder)

Authors

  • Eka Yuli Astuti Universitas Islam Nusantara
  • Lupia S Martina Universitas Islam Nusantara
  • Yoga Budhi Santoso Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v8i1.2277

Keywords:

komunikasi ASD ASD (Autism Spectrum Disorder), instrumen asesmen komunikasi, Asesmen ASD

Abstract

Pembelajaran yang efektif bagi anak Autism Spectrum Disorder (ASD) memerlukan asesmen yang tepat. Anak dengan ASD mengalami tiga gangguan utama yang salah satunya adalah komunikas. Langkah asesmen penting untuk dilakukan sebagai upaya mencari informasiĀ  sejauh mana kemampuan, kebutuhan dan kelemahan komunikasi anak ASD. Oleh karena itu diperlukan instrumen asesmen yang sesuai untuk menggali informasi tentang aspek komunikasi anak ASD tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen asesmen komunikasi bagi anak ASD di SLB Autis Prananda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan 9 partisipan diantaranya 3 validator, 3 guru yang melaksanakan uji coba asesmen dan 3 siswa ASD. Penelitian ini menghasilkan instrumen asesmen komunikasi bagi anak ASD yang memuat 7 level perkembangan komunikasi diantaranya level I pre- intentional behavior, level II intentional behavior, level III unconventional communication, level IV conventional communiation, level V concrete symbols, level VI abstract symbols, level VII language, dengan tujuan untuk mengukur kemampuan komunikasi anak ASD. Hasil uji coba instrumen asesmen komunikasi menyatakan bahwa instrumen asesmen komunikasi yang telah dikembangkan dapat digunakan dan cukup menggambarkan kondisi anak ASD yang sesungguhnya

References

Communication Matrix. Design and Organization of the Communication MatrixSeven Levels of Communication, (Online, 2019),

Matson, Johnny. (2008). Clinical Assessment And Intervention For Autism Spectrum Disorder. Academic Press

Meimulyani, Yani, dan Caryoto.(2013). Media Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur: Luxima

Soendari, Tjutju, dan Euis Nani M (2011). Asesmen Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. CV. Amanah Offset

Matson, Johnny. (2008). Clinical Assessment And Intervention For Autism Spectrum Disorder. Academic Press

Treambath, et.al. (2019). Assessing Communication in Children with Autism Spectrum Disorder Who are Minimmaly Verbal. Current Developmental Disorder Reports.September 2019

Downloads

Published

2022-09-27

Issue

Section

Articles