UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Studi Pada Kelas IX SMP Negeri 2 Soreang)
Kata Kunci:
Prestasi Belajar Membaca Teks Report, Model Pembelajaran STADAbstrak
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IX-H Semester Gasal SMP Negeri 2 Soreang tahun pelajaran 2022/ 2023. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-H sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes tertulis. Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir soal tes, dan dokumen daftar nilai. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Pengamatan, dan (4)Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, nilai bahasa Inggris rata-rata prestasi belajar bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,90, pada siklus I sebesar 74,18 dan pada siklus IIsebesar 80,12 Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitusebelum tindakan sebesar 56,25%, siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 87,5%.Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar membaca teks report bahasa Inggris siswa kelas IX-H Semester Gasal SMP Negeri 2 Soreang tahun pelajaran 2022/ 2023”.
Referensi
Arikunto, Suharsimi.2006.ProsedurPenelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hartono, A. C. (2018). Peningkatkan Prestasi Matematika Pada Siswa KelasVIII dengan Student Teams-Achievement Division. Jurnal Dikdas Bantara,1(2).
Mahendra, M., & Setiyani, S. (2019). Korelasi Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Kelas Vi Di Sekolah Dasarnegeri. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1).
SardimanA.M.2010.InteraksidanMotivasiBelajarMengajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudiyana.2012.PenelitianTindakanKelas.Yogyakarta: Cakrabooks dan Bradelvi.
Suprijono, Agus.2013.Cooperative Learning Teoridan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Warsono, Hariyanto. 2013. Pembelajaran Kooperatif Teori dan Assesmen.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Uratmin, Penerapan Model Pembelajaran Studentteams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris, Jurnal DIKDAS BANTARA P-ISSN : 2615-4285Volume 3 Nomor 1 Februari 2020 E-ISSN : 2615-5508