INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN STRUKTUR BAHASA

Penulis

  • Iit Lita Apriani

Kata Kunci:

instrumen, evaluasi, struktur, bahasa, kualitatif

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya suatu evaluasi dalam pembelajaran. Evaluasi dibutuhkan untuk memonitor keberhasilan pembelajar dan pengajar dalam mencapai tujuannya. Sehingga pembelajar bisa mengetahui sejauh mana pemahamannya terkait materi yang dipelajari. Sedangkan pengajar bisa mengetahui keefektifan pendekatan, model, dan metode yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan contoh instrumen penilaian pengetahuan bahasa yang berfokus pada struktur bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu contoh instrumen pengetahuan bahasa berupa tes tulis, yang dilengkapi dengan pembuatan soal, kunci jawaban, serta rubrik penilaian.

Referensi

Syihabuddin. (2018). Tes dan Evaluasi Pengajaran Bahasa. Bandung: UPI Press.

Abidin, Yunus. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran: dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: PT Refika Aditama.

Purwanto. (1992). Pengertian Tes Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwanto, M. Ngalim. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Subana, H.M.. (2009). Dasar-dasar penelitian ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2022-06-28

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check